Pengertian dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Pengertian Gerhana Matahari – Gerhana matahari merupakan salah satu kejadian alam yang langka dan menjadi hal yang ditunggu oleh masyarakat dunia. Gerhana matahari memiliki rentang waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan gerhana bulan.

Gerhana matahari sendiri dapat terjadi jika posisi matahari, bulan, dan juga bumi berada pada satu garis lurus. Ketika proses ini terjadi, maka cahaya matahari yang seharusnya menuju bumi akan terhalang oleh bulan.

Gerhana matahari akan membuat sebagian permukaan bumi tidak mendapatkan sinar pada beberapa saat. Meski ukuran bulan relatif jauh lebih kecil dibandingkan ukuran matahari, akan tetapi posisi bulan yang lebih dekat dengan bumi dapat membuat seluruh sinar matahari tidak sampai ke bumi.

Pada saat terjadinya gerhana matahari, binatang akan kebingungan karena hari yang seharusnya masih pagi, siang, atau sore dan disinari matahari justru gelap gulita. Akan tetapi, kebingungan itu akan segera hilang jika posisi bulan tidak lagi menghalangi matahari.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

tribunnews.com

Jika memperhatikan waktu kejadiannya, berikut ini urutan proses terjadinya gerhana matahari:

  1. Awalnya langit akan terlihat seperti biasa, kemudian warna atau intensitas cahaya matahari seolah berkurang secara perlahan tingkat kecerahannya.
  2. Proses selanjutnya ketika terjadi gerhana matahari adalah datangnya bayangan hitam secara perlahan yang menutupi cahaya matahari. Bahkan, proses ini dapat terlihat oleh mata telanjang ketika pergerakan bulan mulai menutupi matahari dan menghalangi masuknya sinar matahari ke bumi.
  3. Proses gerhana yang sesungguhnya dimulai ketika bayangan bulan terlihat menutupi matahari. Awalnya hanya terlihat setitik bayangan, kemudian bayangan yang menutupi matahari akan terus membesar sesuai dengan posisi bulan dan matahari ketika itu. Gerhana matahari dan penampakannya juga akan berbeda di setiap daerah di muka bumi tergantung posisi geografisnya.
  4. Jika posisi bulan berhasil menutupi seluruh bagian matahari sehingga seluruh sinar yang memasuki bulan tertahan secara keseluruhan, maka ini dinamakan gerhana matahari total.
  5. Setelah terjadinya proses gerhana matahari total, perlahan bayangan bulan terlihat meninggalkan posisi matahari dan membuat cahaya matahari terlihat sedikit demi sedikit.
  6.  Setelah itu, posisi bulan dan matahari terlihat mulai menyabit hingga akhirnya posisi bulan benar-benar meninggalkan matahari dan sinar matahari kembali sampai ke permukaan bumi secara normal.

Tinggalkan komentar