Pengertian Global Warming Beserta Penjelasan Singkatnya

PENGERTIAN GLOBAL WARMING – Pada saat ini pemberitaan mengenai global warming / pemanasan global sering menjadi bahan pembicaraan dan menjadi pembahasan yang menarik baik dalam skala kecil hingga tingkat internasional. Global warming sudah mengakibatkan perubahan iklim yang cukup signifikan seperti halnya yang terjadi di negara kita. Efek dari pemanasan sudah mengakibatkan perubahan iklim yang begitu ekstrim.

Beberapa wilayah seringkali terjadi hujan lebat yang mengakibatkan banjir. Disamping itu pun muncul badai dan angin puting beliung. Laporan dari IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) menunjukkan adanya beberapa dampak dari perubahan iklim yang sudah ada dan yang mungkin akan terjadi dimasa depan.

Pengertian Global Warming

pengertian global warming
snopes.com

Pengertian global warming / pemanasan global-global memiliki banyak definisi dari para ahli dimana penyebab, akibat/dampak, proses dan cara mengatas adalah hal yang sangat penting dalam kajian perihal pemanasan global. Kita semua sudah mengetahui akibatnya cukup membahayakan bagi kesehatan bumi serta berdampak bagi semua penghuni bumi.

Pengertian global warming merupakan suatu kondisi suhu permukaan bumi meningkat yang diakibatkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca, misalnya sulfur heksafluorida, perfluorokarbon, hidrofluorokarbon, dintro oksida, metana dan karbondioksida.

Selama kurang lebih 20 abad ini, peningkatan suhu diperkirakan mencapai 0,3-0,8 derajat celcius. Untuk 100 tahun yang akan datang, peningkatan suhu akan semakin meninggi sekitar 4 derajat celcius. Kenaikan suhu ini bisa merubah iklim sehingga mengakibatkan perubahan pola cuaca yang bisa menimbulkan peningkatan serta perubahan curah hujan, badai dan angin dan terjadinya bencana alam yang bisa memakan banyak korban jiwa.

Berdasarkan dari banyak penelitian, saat ini suhu di permukaan bumi sudah menunjukan kenaikan yang begitu drastis yaitu sekitar 0,6 derajat celcius yang terjadi sekitar 1 abad terakhir. Meningkatnya suhu bumi tersebut terlihat dan terbilang kecil, akan tetapi dampak pemanasan global sangat besar untuk bumi serta kehidupan yang ada di dalamnya.

Dalam beberapa tanda ataupun gejala yang terjadinya pemanasan global bisa kita rasakan serta amati. Beberapa gejala pemanasan global yaitu pergantian musim yang sulit kita predisi, seringkali terjadinya angin puting beliung, banjir, terumbu karang yang memutih dan kekeringan di wilayah yang tidak umumnya mengalaminya.

Sekian penjelasan singkat mengenai pengertian global warming. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar