Pengertian Hardware dan Software

Dalam dunia komputer sering kita mendengar istilah Hardware dan Sotfware. Istilah istilah tersebut sering kita jumpai ketika sedang membicarakan tentang teknologi komputer. Hardware dan Software merupakan komponen penting dari komputer. Hardware dan Software selalu berkolaborasi dalam membantu berbagai masalah yang dihadapi manusia. Dengan adanya software manusia dapat mengontrol hardware dengan mudah. Bahkan tidak perlu berinteraksi secara langsung dengan hardware.

Hardware secara istilah Berarti perangkat keras. Kalo secara umum segala peralatan yang berbentuk fisik adalah hardware. Misalnya palu,obeng,tang dan lain lain. Namun dalam artikel ini Hardware yang dimaksud adalah perangkat keras yang berhubungan dengan komputer.

Software secara bahasa berarti perangkat lunak, kebalikan dari hardware. Software merupakan sebuah perangkat yang tidak dapat dipegang namun dapat membantu manusia.

Untuk lebih mengenal perbedaan tentang Hardware dan Software berikut adalah macam macam hardware dan software yang paling sering kamu jumpai

Perangkat Input (Hardware)

 getloupe.com

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

b. Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

c. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu track point ( pointing stick ) dan trackball.

Perangkat Pemroses (Hardware)

slideplayer.com

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalahCentral Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.

Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.

1. Primary storage adalah ukuran besarnya processoratau biasa disebut  dengan main memory.

2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer

3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalamprimary storage. Control unit juga bertugasmemberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan, yaitu sebagai berikut :

a. Casing

Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras(hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.

b. Power supply

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

c. Motherboard

Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.

d. Processor

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.

e. Memory

Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.

f. VGA Card

VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.

g. I/O Card

Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.

h. Sound Card

Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer.

Perangkat Pengeluaran (Hardware)

aliimg.com

Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.

Macam – Macam Perangkat Keluaran (Output Device):
1. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
2. Printer

Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3. Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

Sistem Operasi (Software)

 pixabay.com

Perangkat lunak sistem atau sistem operasi merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Menurut Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003), sistem operasi merupakan suatu program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan hardware komputer. Mereka juga menyatakan bahwa tujuan dari sistem operasi adalah melaksanakan program pengguna dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya.

Berdasarkan skala arsitekturnya (bit), sistem operasi dibedakan menjadi sistem operasi berskala 8-bit, 16-bit, 32-bit, dan 64-bit. Sistem operasi dengan skala 8-bit dan 16-bit saat ini sudah mulai ditinggalkan, sedangkan saat ini kebanyakan yang digunakan adalah skala 32-bit, seperti sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP, LINUX, IBM OS/400, Sun Solaris). Sedangkan yang baru dan masih jarang ditemui di pasaran adalah skala 64-bit. Seperti Windows XP 64-bit, Digital UNIX, Open VMS, IBM AIX for RS/6000, SGI IRIX, dan HP-UX.

Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:

a. Sistem operasi server/network, seperti Windows NT Server, Windows XP, IBM AIX for RS/6000, Digital UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400, LINUX.
b. Sistem operasi desktop, seperti Windows 95 / Windows NT Workstation, Windows XP, LINUX, OS/2 Wrap, MacOS, Java
c. Sistem operasi Hanheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.

Program Aplikasi (Software)

  engineerthink.com

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan suatu pekerjaan pada bidang tertentu. Program aplikasi ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

a) Program aplikasi pengolah kata (word processing)

Merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya WordStar, Word Perfect, Chi Writer, dan MS. Word.

b) Program aplikasi pengolah angka (spreadsheet)

Adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka, contohnya lotus, supercalc, Ms. Excel

c) Program aplikasi pengolah data

Aplikasi yang berorientasi pada pegolahan data, contohnya dBase, Foxpro, Ms. Accses

d) Program aplikasi presentasi

Adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Ms. Powerpoint dan macromedia flash.

Cara Merawat Hardware

www.servicemakassar.com
www.servicemakassar.com

Dengan banyaknya perangkat keras (hardware) yang ada di dalam sebuah perangkat computer (pc), maka sangat penting bagi kamu untuk selalu merawat hardware yang ada di komputer kamu.

Berikut ini kami akan membagikan bagaimana cara agar perangkat keras komputer kamu tidak cepat rusak dan selalu terawat. Berikut cara-cara merawat perangkat keras komputer atau hardware:

  1. Usahakan agar kamu tidak terlalu sering mereset atau mematikan komputer kamu secara langsung tanpa lewat proses shutdown.
  2. Usahakan kamu selalu memakai power saver ketika menggunakan komputer. Hal tersebut bertujuan agar saat tiba-tiba terjadi pemadaman listrik, komputer kamu tidak langsung mati yang mana bisa menyebabkan bagian power supply komputer kamu bisa rusak.
  3. Dianjurkan untuk menggunakan stanilizer. Hal tersebut bertujuan agar tegangan listrik yang mengalir ke dalam komputer kamu tetap stabil karena bila tegangan listrik yang mengalir ke komputermu tidak stabil sangat berpotensi merusak komponen perangkat keras komputermu.
  4. Dianjurkan supaya rutin membersihkan perangkat keras komputer yang ada dalam CPU minimal tiga bulan sekali. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan memakai kuas atau kipas penyedot debu. Karena bila komputer kamu kotor, akan menyebabkan komputer akan lemot dan paling parahnya bisa menyebabkan komputermu mati.
  5. Usahakan untuk biasa melakukan scandisk atau defrag hardisk seminggu sekali.
  6. Gunakanlah antivirus yang selalu di update.

Tinggalkan komentar