Pengertian Iman Kepada Malaikat: Fungsi, dan Caranya

PENGERTIAN IMAN KEPADA MALAIKAT – Semua umat muslim atau manusia yang menganut agama Islam akan mempercayai adanya malaikat, karena didalam Al-Qur’an telah tercantum bahwa ALLAH SWT sudah menciptakan malaikat dengan tujuan untuk menjalankan segala perintahnya.

Kita sebagai umat muslim yang baik, apakah kalian semua mengetahui sesungguhnya apa yang telah dimaksud dengan iman kepada para malaikat? Iman kepada para malaikat ialah meyakini dengan sepenuh hati dan jiwa raga dengan adanya malaikat yang diciptakan oleh ALLAH SWT, yang mana para malaikat tersebut selalu patuh dan tunduk kepada seluruh perintahnya dalam mengurus seluruh alam semesta ini.

Contoh-Contoh akhlak dan perilaku beriman kepada malaikat ialah dengan mengeluarkan perkataan yang baik, saling membantu satu sama lain, saling menguatkan hal-hal yang positif yang memang telah diberi ridho oleh ALLAH SWT, memotivasi diri sendiri untuk selalu beramal soleh, dan masih banyak lain sebagainya.

Artikel yang telah tertulis dibawah ini akan mengulas tentang pengertian iman kepada malaikat dan juga akan dijelaskan beberapa poin-poin lainnya, adanya artikel ini memiliki tujuan untuk meluruskan segala sesuatu kesalah pahaman tentang beriman kepada malaikat yang mana pada zaman sekarang ini kerap terjadi.

Langsung saja kita simak bareng-bareng dan simak baik-baik penjelasan tentang pengertian iman kepada malaikat, selamat membaca.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

pengertian iman kepada malaikat
zakirnaikstory.blogspot.co.id

Kata-kata lain dari iman ialah bisa kepercayaan atau keyakinan. Sedangkan menurut terminologi, iman ini dimengerti sebagai pembenaran dalam hati, ucapan berupa lisan, dan pembuktian dengan adanya perbuatan. Ketiga aspek tersebut menjadi sebuah kesatuan yang tak akan terpisahkan.

Dari pengertian-pengertian tersebut, iman kepada malikat ialah sebuah kepercayaan sepenuh hati bahwa ALLAH SWT telah menciptakan malaikat dari nur (cahaya). Indiatornya telah dilantunkan secara verbal dan diperlihatkan dari amal dan perbuatan.

Rukun iman yang kedua untuk seorang kaum muslim, sesudah percaya bahwa ALLAH SWT ialah tuhan yang maha esa penguasa seluruh alam semesta.

Malaikat ialah makhluk gaib yang dibuat untuk tujuan senantiasa patut dan mengabdi kepada ALLAH SWT. Malaikat ini ialah makhluk yang tidak pernah berbuat maksiat, malaikat ini tidak pernah membangkan terhadap perintah-perintah ALLAH SWT yang telah diberikan kepadanya, malaikat senantiasa mengerjakan apa yang telah ditugaskan.

Selain dari itu, malaikat ini makhluk yang tidak memiliki keangkuhan, dan tidak pernah juga merasa capai atau lelah berasbih kepada ALLAH SWT.

Fungsi Iman Kepada Malaikat

pengertian iman kepada malaikat
denofgeek.com

Iman kepada malaikat ini memiliki banyak sekali fungsi-fungsinya, diantar lain yaitu:

  1. Menambahkan yang Namanya Ketaatan
    Malaikat ialah makhluk yang telah diciptakan oleh ALLAH SWT, yang mana malaikat ini ialah makhluk ALLAH yang paling taat kepadanya. Dengan beriman kepada malaikat, manusia bisa mendorong pribadinya untuk menjadi hamba yang ikut taat dan juga menjadi hamba yang baik, disiplin, mengerti dengan adanya aturan, dan senantiasa mendekatkan diri kepada sang pencipta, yakni ALLAH SWT.
  2. Menjaga Sikap
    Beriman juga berarti mengenal dan mengetahui malaikat. Termasuk sangat paham dengan apa yang telah ditugaskan oleh malaikat yang sebagian besarnya yakni untuk mengawasi seluruh manusia yang masih hidup di dunia ini. Jikalau kita semua mengingat hal ini, kita semua akan lebih berhat-hati lagi dalam menjalani sebuah kehidupan. Tujuannya ialah untuk terhindar dari dosa-dosa dan betapa pedihnya siksa api neraka.
  3. Meningkatkan Kesabaran dan Keikhlasan
    Dua hal yang dinilai sangat sulit untuk dijalankan dalam kehidupan, Namun dapat kita pelajari lebih lanjut lagi dengan menegakkan keimanan. Arti Iman disini ialah percaya, kerja keras dan amal baik akan melahirkan hasil manis pada waktunya

Cara Beriman Kepada Malaikat ALLAH

pengertian iman kepada malaikat
thoughtcatalog.com

Cara sederhana untuk percaya atau meyakinni adanya malaikat ialah dengan mengetahui dan mengenal sifat serta tugas-tugasnya. Disini sifat seorang malaikat ialah tidak makan, minum dan tidur. Mereka semua juga tidak memiliki hawa nafsu dan hanya menghabiskan waktu hidupnya untuk mengabdi dan patuh kepada ALLAH.

Malaikat juga mempunyai sayap yang mana jumlah masing-masing sayapnya ini berbeda-beda dan dapat berubah wujud menjadi manusia biasa, jikalau memang diperintahkan. Didalam artikel iman kepada malaikat yang diambil dari web Academia ini menjelaskan, bahwa seorang malaikat dapat bergerak seperti kilat yang sanga cepat, tidak mempunyai alat kelamin, dan ialah hamba ALLAH yang paling dekat.

______________________________________

Nah, demikianlah artikel yang menjelaskan tentang pengertian iman kepada malaikat, mudah-mudahan adanya ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah keimanan kita agar kita bisa lebih taat lagi kepada ALLAH SWT dan juga menjauhi segala larangan-larangannya.

Tinggalkan komentar