Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli serta Ciri-ciri dan Sifatnya

PENGERTIAN INOVASI – Inovasi adalah ide atau juga gagasan baru yang sebuelumnya tidak pernah ada atau juga belum diterbitkan. Sebuah inovasi pada umumnya berisi terobosan baru perihal sesuatu yang diteliti oleh sang inovator.

Inovasi biasanya sengaja dibuat oleh sang inovator melalui berbagai macam aksi atau pun penelitian yang terencana.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

pengertian inovasi
iveria.biz

Berikut ini adalah pengertian inovasi menurut para ahli;

Kuniyoshi Urabe
Inovasi adalah setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali, melainkan sebuah proses yang cukup panjang dan berkesinambungan, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

Van de Ven, Andrew H.
Inovasi merupakan pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Everett M. Rogers
Inovasi adalah sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

UU No. 19 Tahun 2002
Inovasi merupakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Ciri-ciri Inovasi

pengertian inovasi
goaugment.io

Sebuah ide dan gagasan bisa dimasukan ke dalam sebuah inovasi jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Khas
    Inovasi perlu mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau pun ada pada ide atau pun gagasan yang sudah ada. Tanpa ciri khas yang spesifik, sebuah ide atau pun gagasan tidak dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru.
  • Baru
    Setiap inovasi harus lah merupakan ide atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.
  • Terencana
    Sebuah inovasi biasa nya sengaja dibuat dan direncanakan untuk mengembangkan objek-objek tertentu. Dengan kata lain, setiap inovasi yang ditemukan pada dasar nya merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal.
  • Memiliki Tujuan
    Seperti yang sudah diterangkan di penjelasan yang sebelumnya, inovasi adalah aktivitas terencana untuk mengembangkan objek-objek tertentu (tujuannya adalah mengembangkan objek – objek tertentu).

Sifat Perubahan Dalam Inovasi

pengertian inovasi
theamericangenius.com

Berikut ini adalah sifat perubahan dalam inovasi;

  • Penggantian (substitution)
    Inovasi dalam penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.
  • Perubahan (alternation)
    Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan / mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.
  • Penambahan (addition)
    Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada.
  • Penyusunan kembali (restructturing)
    Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.
  • Penghapusan (elimination)
    Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa berpakaian seragam
  • Penguatan (reinforcement)
    Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Tinggalkan komentar