Pengertian Interpretasi dan Contohnya

PENGERTIAN INTERPRETASI – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interpretasi diartikan sebagai pemberian kesan, pendapat, tafsiran, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu.

Secara definisi, interpretasi hanya digunakan sebagai suatu metode apabila dibutuhkan saja. Apabila suatu objek, misal karya seni, ujaran dan sebagainya cukup jelas maknanya maka tidak akan mengandung unsur interpretasi lagi.

Istilah interpretasi bisa merujuk pada proses penafsiran yang sedang berlangsung atau hasil dari proses tersebut. Suatu interpretasi bisa menjadi bagian dari presentasi atau penggambaran informasi yang diubah, dengan tujuan menyesuaikan kumpulan simbol spesifik.

Informasi tersebut bisa berupa tulisan, gambar, matematika, lisan, dan berbagai bentuk lainnya.

Pengertian Interpretasi Menurut Para Ahli

pengertian interpretasi
docplayer.info

Menurut Kaelan (1998) interpretasi adalah suatu seni yang menggambarkan komunikasi secara tidak langsung, akan tetapi komunikasi tersebut bisa dengan mudah dipahami.

Interpretasi sangat berkaitan dengan jangkauan yang harus dicapai oleh subjek dan pada waktu yang bersamaan juga diungkapkan kembali sebagai suatu struktur identitas yang ada dalam kehidupan, objektivitas, dan sejarah.

Interpretasi diadakan untuk mendapatkan suatu pengertian dan pengetahuan dengan lebih jelas serta mendalam. Contoh, sebuah lukisan abstrak yang susah bahkan kurang bisa dipahami maksudnya. Lukisan tersebut bisa menjadi objek interpretasi, sehingga orang awam mudah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam lukisan.

Interpretasi juga bisa diaplikasikan pada data statistik seperti data jumlah penduduk berdasarkan gender dan penghasilan rata-rata di masyarakat. Data-data tersebut bisa diinterpretasikan sehingga dapat diketahui info-info yang ada di masyarakat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa yang dimaksud interpretasi ini tergantung dari sisi mana orang menginterpretasikan. Sehingga banyak ditemui interpretasi objek yang sama namun hasil berbeda.

Salah satu faktor penting dalam interpretasi yaitu latar belakang seseorang yang akan menginterpretasi, di mana ia harus mempunyai landasan ilmu dan pengalaman yang matang sehingga hasil interpretasinya mampu dipertanggungjawabkan.

Sebagaimana seseorang dalam menafsirkan Al-Qur’an, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti harus memahami kaidah bahasa Arab, ilmu tafsir, dan juga perilaku yang baik akidahnya, jujur, dll.

Pengertian Interpretasi dalam Hukum

Menurut Soedjono Dirdjosisworo interpretasi dalam hukum adalah menentukan arti/makna dari suatu teks dan bunyi pasal seta hal-hal terkait dengannya.

Pengertian Interpretasi Data

Menurut Mudji (2005) pengertian data dalam penelitian kualitatif yaitu sebuah deskripsi dan ungkapan yang mencoba untuk menggali pengetahuan mengenai sebuah data atau peristiwa melalui pemikiran yang lebih mendalam.

Pengertian Interpretasi dalam Sejarah

Menurut Gilbert J. Garraghan interpretasi dibedakan menjadi 5 jenis yaitu:

  1. Interpretasi verbal.
  2. Interpretasi psikologis.
  3. Interpretasi logis.
  4. Interpretasi teknis.
  5. Interpretasi faktual.

Interpretasi dalam sejarah merupakan bentuk penafsiran sejarawan terhadap sejarah menjadi satu kesatuan sebuah cerita yang harmonis dan masuk akal. Penafsiran sejarah bersifat subyektif dan sangat bergantung pada orang yang menafsirkan.

Perbedaan interpretasi yang biasa terjadi pada sejarawan yaitu karena perbedaan latar belakang, pola pikir, motivasi, dan hal-hal yang dapat mempengaruhinya.

Pengertian Interpretasi dalam Musik

Hermeren (2001) kerangka interpretasi bisa berupa sejarah musil, ritme, harmoni, struktur, tempo, bentuk, dinamik, dan warna suara.

interpretasi dalam musik merupakan sebuah proses dalam menemukan apa saja yang diinginkan oleh si komposer dan juga sebagai bentuk pengekspresian dan pengombinasian perasaan, menggambarkan sosial, sejarah, dan kondisi psikologi suatu karya musik.

Pengertian Interpretasi Peta

Interpretasi peta merupakan suatu aktivitas membaca peta dengan memberikan suatu penafsiran atau memaknai isi peta dengan menggunakan simbol-simbol yang sudah ada seperti objek geografi danau, jalan, laut, sungai, gunung, dan lain-lain.

Pengertian Interpretasi Citra

Interpretasi dalam citra merupakan suatu kegiatan pengkajian citra atau foto udara dengan tujuan untuk mengenali objek serta gejala dan sekaligus untuk menilai seberapa penting arti objek dan gejala tersebut dengan melalui tahapan deteks, identifikas seta analisis.

Pengertian Interpretasi Cerpen

Interpretasi dalam cerpen yaitu sebuah penafsiran makna apa pun yang terkandung di dalam suatu cerpen. Dalam hal ini adalah penafsiran pesan pengarang, kaitan cerita dengan fakta kehidupan yang ada.

Interpretasi Isi Anekdot

pengertian interpretasi
blogmnia.blogspot.com

Anekdot adalah cerita singkat yang lucu dan menarik yang menggambarkan tentang kejdian tertentu yang sifatnya menghibur. Akan tetapi anekdot bukan hanya sebuah lelucon saja.

Perlu diketahui bahwa tujuan utama anekdot adalah tidak hanya membangkitkan tawa seseorang yang membaca, namun lebih ke pengungkapan kebenaran yang lebih umum daripada kisah itu sendiri. Terkadang anekdot juga bersifat sindiran yang bersifat alami.

Dalam interpretasi diperlukan penafsiran yang mendalam supaya bisa memaknai, memahami pelajaran, dan menangkap kandungan atau hikmah yang terkandung di dalam cerita teks anekdot. Ada beberapa tahap untuk memahami teks yaitu:

  1. Membaca semua teks.
  2. Memahami tema, latar cerita, alur, dan tokoh.
    • Tema merupakan pokok cerita atau dasar pemikiran.
    • Tokoh merupakan partisipan yang terlihat.
    • Latar merupakan tempat terjadinya peristiwa itu sendiri. Latar terbagi menjadi 3 yaitu:
      • Latar tempat.
      • Latar waktu.
      • Latar budaya.
  3. Menangkap unsur konyol, lucu, atau jengkel.
  4.  Menangkap kalimat amanat atau sindiran.

Teks Anekdot

Di suatu desa, hiduplah seorang janda dengan satu anak. Hari ini tak terlihat kepulan asap di dapurnya. Hamdan sangat lapar. Ia pun pergi dari rumah, siapa tahu ada orang yang berbelas kasihan dengan memberikan makanan.

Akan tetapi tidak seorang pun yang berbelas kasih, dan pada akhirnya Hamdan mendapatkan akal panjang yaitu mencuri sebutir durian milik tetangga yang pelit itu. Dan dia pulang dengan membawa sebutir durian tersebut.

Melihat kedatangan anaknya yang membawa durian ibunya begitu senang, ibunya pun memuji tindakan Hamdan itu. Sepontan mengatakan..

“Lain kali bawa lebih banyak ya Nak!

Kemudian hari berikutnya cuaca terlihat lebih cerah, Hamdan pun pergi ke kebun. Diambilnya 2 bauh durian, akan tetapi apes bagi Hamdan, ternyata warga sudah menghadang, lalu Hamdan dihakimi masa.

“Ini semua bukan keinginan saya, akan tetapi keinginan ibuku” Hasan teriak kesakitan. Ibunya hanya diam.

“Bagaimana warga, apakah kita lanjutkan hukuman ini” Kata seorang kepala kampung.

“Lanjut kasih pelajaran dia, sampai kapok” Seru warga.

Ibunya cuma bisa melihat anak malang itu dihakimi masa.

Sesudah warga puas melampiaskan amarahnya, lalu ditinggalkan, dan ibunya memeluknya. Namun Hamdan malah memukul si ibu. Ibunya pun jatuh ke tanah. “Kenapa ibu tidak memarahiku ketika pertamakali aku mencuri. Ini akibatnya, ya Allah hukumlah Ibu yang tidak menyayangi anaknya.

Proses Interpretasi

Setelah membaca seluruh teks di atas dapat ditemukan bahwa, cerita di atas mempunyai tema main hakim, latar belakangnya di sebuah desa yang kondisi sosialnya terdapat si miskin dan si kaya.

Cerita tersebut diperankan oleh Hasan, ibunya, orang miskin dan kaya, serta para warga. Penyebab konflik adalah karena kelaparan dan tidak ada uang yang cukup untuk dibelikan pangan.

Nah, dari uraian yang terdapat di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa sanekdot tersebut memiliki makna sebagai berikut:

  • Banyak orang kaya di sekitar kita, akan tetapi tidak peduli terhadap tetangga atau orang miskin.
  • Kesalahan ibu yang tidak menasihati anaknya ketika anaknya berbuat tidak baik.
  • Warga yang main hakim sendiri.

Tinggalkan komentar