Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli Lengkap dengan Jenis-jenisnya

PENGERTIAN INTERVENSI –¬†Intervensi merupakan sebuah intilah dalam dunia politik. Istilah ini mengacu pada negara yang ikut campur urusan suatu negara yang jelas-jelas bukan termasuk urusannya.

Ada juga yang memaknakan intervensi sebagai sebuah keguatan ikut campur yang terlalu berlebihan di dalam urusan politik, sosial, ekonomi dan budaya. Karena sudah terbiasa dengan campur tangan tersebut, negara yang banyak melakukan intervensi tersebut dibenci oleh negara-negara lannya.

Daftar negara-negara yang sering mekakukan intervensi tersebut adalah Amerika Serikat, Perancis, Inggris, dan Belanda.

Pengertian Intervensi

Pengertian Intervensi
sebarr.com

Intervensi merupakan sebuah tindakan atau perbuatan campur tangan yang pelakunya adalah suatu badan (lembaga) terhadap suatu konflik (permasalahan) yang sedang terjadi diantara dua belah pihak atau lebih, dimana tindakan yang perbuat tersebut akan membuat rugi salah satu pihak yang sedang terkena masalah (konflik).

Pengertian Intervensi juga bisa diartikan sebagai tindakan memasukkan sesuatu hal diantaranya seperti orang yang berusaha untuk membantu.

Definisi intervensi ialah sesuatu yang muncul atau datang diantara dua hal atau hal lain yang mengubah prosesnya atau jalannya sesuatu.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Pengertian Intervensi
tandaseru.id

Intervensi di dalam dunia pemerintahan memiliki banyak makna karena ulasannya yang sangat luas dan hubungannya dengan dunia internasional. Guna lebih jelas dalam pemahaman mengenai intervensi, berikut ini beberapa pengertian dari intervensi menurut para ahli:

  • Pengertian intervensi menurut Black’s Law Dictionary adalah ikut campur suatu negara dalam urusan negara lain dengan menggunakan ancaman kekuatan atau langsung dengan kekuatan.
  • Pengertian intervensi menurut Parry dan Grant adalah ikut campurnya sebuah negara dengan cara diktator dalam kaitannya sama negara lain dengan sebuah tujuan untuk menjaga sebuah negara atau juga untuk mengubah kondisi aktual tertentu.
  • Pengertian intervensi menurut Lauterpach adalah, campur tngan sebuah negara dengan cara diktator mengenai urusan negara-negra lain dengan dimaksudkan untuk memelihara atau merubah suatu situasi, keadaan, atau barang pada negara tersebut.

Jenis-jenis Intervensi berdasarkan Banyak Faktor

Pengertian Intervensi
cahyono-adi.blogspot.co.id

Faktor-faktor yang dimaksud ialah yang berdasarkan jangkauan dan dampak.

Intervensi berdasarkan jangkauan terbagi menjadi tiga bagian yaitu intervensi reprisal, intervensi internal dan intervensi eksternal.

  1. Intervensi reprisal adalah campur tangan sebuah negara yang diperbuat atas dasar pembalasan yang dikarenakan kerugian sebuah negara yang ditimbulkan negara lain dengan melakukan blockade atau perang kecil.
  2. Intervensi internal adalah campur tangan yang mengikutkan negara lain sebagai pendukung untuk memberontak di negara tertentu dengan cara diktator.
  3. Intervensi eksternal adalah campur tangan dari negara lain pada perang yang terjadi antar dua negara atau lebih.

Intervensi berdasarkan dampaknya terbagi menjadi dua bagian yaitu intervensi negatif dan intervensi positif.

  1. Intervensi negatif ialah campur tangan yang diperbuat dengan menggunakan berbagai produk internasional dan umumnya dilakukan oleh negara-negara yang termasuk dari golongan negara berkembang.
  2. Inervensi positif ialah campur tangan sebuah negara atau lembaga yang lain contohnya PBB, dengan tujuan guna menegakkan keadilan juga menghormati hak asai manusia (HAM).

Macam-macam Pengertian Intervensi Menurut Bidangnya

Pengertian Intervensi
gugussakti.com
  1. Pengertian intervensi dalam hukum acara perdata ialah adanya campurtangan dari pihak ke-3 dalam sebuah kasus atau permasalahan perdata yang sedang berlangsung diantara pihak tergugat dan penggugat.
  2. Pengertian intervensi pemerintah ialah beberapa usaha dan tindakan untuk menekan pihak-pihak tertentu yang dilakukan oleh pemerintah dalam sebuah perancangan kerja yang tujuannya untuk sesuatu pencapaian yang lebih baik lagi.
  3. Pengertian intervensi psikologi ialah bentuk layanan psikologi individu, berpasangan, keluarga atau berkelompok yang mana klien atau pasien datang ke biro atau pusat psikologi guna mengobati kodisi mengenai psikis tertentu. Misal, terapi depresi atau kondisi rasa trauma.
  4. Intervensi keperawatan adalah campur tangan dan tindakan perawat atau dokter yang keberadaannya untuk membantu klien atau pasien beralih ketahap kesehatan yang diinginkan atau kesembuhan yang menyeluruh.

Pada kebiasaanya intervensi akan dilakukan sama pihak yang mempunyai kekuasaan atau wewenang di saat masalah yang sedang terjadi diantara pihak yang sedang ada pertikaian, maka dari itu sudah bisa dipastikan bahwa intervensi sangat berpotensi merugikan satu pihak yang sedang ada konflik tersebut. Yang mana pada dasarnya intervensi diadakan guna mengambil keputusan akhir atau final pada sebuah pertikaian.

Intervensi tidak selalu harus ditanggapi dengan bayangan negatif, karena sebenarnya banyak masalah-masalah yang terbengkalai dalam waktu yang sangat lama, dan menmbutuhkan akan adanya pihak ke-3 untuk menyelesaikannya. Tapi walaupun demikian, intervensi harus dilaksanakan dengan bijak dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang semestinya, agar tidak ada pihak yang terasa dirugikan dengan adanya tindakan intervensi ini.

Kalimat di bawah ini merupakan contoh pada penggunaan kata intervensi:

  • Jangan melakukan intervensi kepada mereka, tindakan seperti itu akan merugikan dan membuat sebuah masalah yang ada semakin memburuk.
  • Di dalam permasalahan seperti ini, intervensi dari pemerintah sangat dibutuhkan dikarenakan bukan saatnya masalah ini kita perpanjang yang sudah bertahun-tahun tidak ditemukan titik temunya seperti ini.

Tinggalkan komentar