Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Contohnya

PENGERTIAN KEADILAN – Suatu hal-hal yang berkenaan dengan sikap dan juga tindakan dalam hubungan antara manusia yang memuat sebuah tuntutan. Hal ini agar sesamanya bisa memperlakukan sesuai hak dengan kewajibannya.

Dalam bahasa inggris kata “keadilan” adalah justice. Arti justice ini terbagi menjadi dua bagian. Yaitu justice secara atribut serta justice secara tindakan. Arti justice secara atribut merupakan sesuatu yang adil atau fair.

Sedangkan Arti justice ini secara tindakan merupakansuatu tindakan yang telah menjalankan dan juga menentukan suatu hukuman atau juga hak.

Sebenarnya kata keadilan berasal dari bahasa arab, yaitu kata adil. Kata adil dalam bahasa arab memiliki arti tengah, sedangkan pengertian adil adalah menyerahkan sesuatu apa saja yang sesuai dengan haknya.

Keadilan berarti haruslah tidak berat sebelah, seperti menempatkan sesuatu dibagian tengah-tengah,  berpihak kepada yang benar atau tidak memihak, dan tidak sewenang-wenang.

Keadilan juga mempunyai pengertian lain, yakni suatu keadaan di dalam kehidupan masyarakat, bernegara, dan berbangsa. Seperti mendapat apa yang sudah menjadi haknya sehingga bisa melaksanakan kewajibannya.

Sedangkan Pengertian dari Keadilan Menurut KBBI merupakan suatu hal yang bukan berat sebelah atau bukan memihak dan juga tidak sewenang-wenangnya. Menurut KBBI juga kata adil berasal dari suatu kata adil, adil disini memiliki arti yakni kejujuran, keikhlasan, dan kelurusan.

Pengertian Keadilan Menurut Ahli

Pengertian Keadilan

1. Pengertian keadilan menurut Aristoteles adalah suatu tindakan yang terletak antara memberikan sangat banyak dan terlalu sedikit.

Bisa juga diartikan menyerahkan sesuatu pada semua orang sesuai dengan yang sudah menjadi haknya.

2. Pengertian keadilan dari Frans Magnis Suseno merupakan keadaan dimana kedua manusia yang telah diperlakukan supaya sama sesuai dari kewajiban dan haknya masing-masing.

3. Pengertian keadilan menurut Notonegoro merupakan suatu keadaan dimana adil jika sesuai memiliki ketentuan hukum yang berlaku.

4. Pengertian keadilan dari Thomas Hubbes merupakan suatu hal perbuatan yang telah dikatakan adil jika sudah didasarkan pada suatu kesepakan yang sudah disepakati.

5. Pengertian keadilan menurut Plato merupakan diluar kemampuan manusia yang biasa keadilan hanya bisa ada di dalam perundang-undangan dan hukum yang telah dibuat oleh para ahli.

6. Pengertian keadilan dari W.J.S Poerwadarminto adalah tidak berat sebelah dan jgua sepatutnya tidak sewenang-wenangnya.

7. Pengertian keadilan dari Imam Al-Khasim merupakan mengambil suatu hak orang yang wajib diambil serta memberikannya kepada orang yang telah berhak menerimanya.

Jenis-jenis Keadilan

Pengertian Keadilan

Berkaitan dengan pengertian dari keadilan. Sebenarnya ada 5 jenis keadilan dari Aristoteles, yaitu sebagai berikut:

1. Keadilan komutatif

Perlakuan kepada seseorang dengan tidak melihat jasa-jasanya termasuk keadilan komunitatif. Contohnya saja seseorang yang akan menerima sangsi karena pelanggaran yang telah dibuatnya. Hal ini tidak memandang kedudukan serta jabatannya.

2. Keadilan distributif

Perlakuan kepada seseorang yang sama dengan jasa-jasanya ini diberikannya termasuk dalam keadilan distributif. Contohnya saja seorang karyawan yang diberi gaji sesuai oleh masa kerja, dan juga jabatannya.

3. Keadilan kodrat alam

Perlakuan kepada seseorang atau yang lebih sesuai seperti hukum alam. Contohnya saja seseorang yang akan memperlakukan orang lain dengan baik jika orang lain tersebut juga memperlakukannya dengan baik.

4. Keadilan konvensional

Keadilan yang telah didekritkan melewati suatu kekuasaan khusus termasuk keadilan konvensional. Contohnya saja setiap warga negara harus mematuhi peraturan yang sudah diberlakukan atau dijalankan.

5. Keadilan perbaikan

Keadilan yang diberlakukan kepada seseorang yang sudah merusak nama baik seseorang termasuk keadilan perbaikan. Contohnya saja permintaan maaf melewati media massa karena sudah merusak nama baik seseorang.

 

Itulah Pengertian keadilan menurut para ahli beserta penjelasan macam-macamnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar