in

Pengertian Konsolidasi dari Berbagai Sumber Ahli Terpercaya

pengertian konsolidasi
nettik.net

PENGERTIAN KONSOLIDASI – Konsolidasi adalah suatu gabungan dua perusahaan menjadi satu perusahaan yang berganti menjadi nama baru. Pada biasanya konsolidasi ini dapat menghasilkan perusahaan yang baru dengan mengambil alih aset, hak serta kewajibannya yang dimiliki oleh kedua perusahaan yang bergabung menjadi satu.

Pengertian konsolidasi pada biasanya sering kali ditujukan pada keperluan bisnis, dimana dengan adanya konsolidasi diharapkan dengan adanya konsolidasi ini perusahaan baru akan lebih kuat lagi dari sebelumnya.

Pengertian Konsolidasi

pengertian konsolidasi
skidbiz.com

Konsolidasi banyak dipakai untuk tujuan bisnis, bukan untuk masyarakat luas. Konsolidasi bisa dikatakan juga memiliki bermakna penguatan ikatan dalam kelompok oleh setiap anggota sosial menjadi kelompok yang lebih kuat dari sebelumnya.

Pengertian konsolidasi dalam konteks ini lebih fokus kepada permasalahan sosial, berbeda dengan pengertian konsolidasi yang ditinjau dari segi bisnis.

Selain itu adanya konsolidasi maka sangat berharap kelompok sosial menjadi suatu kolektifitas yang sangat maju dan berkembang kuat

Konsolidasi bisa juga dimaksudkan sebagai cara atau prilaku untuk memperkuat, mempersatukan, memperteguh atau menghubungkan.

Konsolidasi adalah penguatan keanggotaan masyarakat pada kelompok sosial. Konsolidasi banyak dipakai pada laporan keuangan perusahaan.

Maka bisa dikatakan juga bahwa konsolidasi adalah penggabungan laporan keuangan beberapa perusahaan menjadi satu.

Sekalipun kata konsolidasi digabungkan atau juga dipakai untuk beragam hal tapi pada intinya arti dari konsolidasi itu hampir sama. Sehingga, arti dari konsolidasi yaitu penggabungan beberapa elemen untuk berjalan secara sinergis dan memiliki visi yang sama.

Orang berpendapat bahwa Perseroan merupakan perusahaan yang dibentuk untuk menjalankan perusahaan dengan dimodali perseroan tertentu berbagi atas saham-saham.

Dimana para pemegang saham (persero) ikut andil dengan mengambil satu saham atau juga lebih dan melakukan perbuatan-perbuatan hukum yang telah disepakakati oleh nama bersama, dengan tidak bertanggung jawab sendiri untuk persetujuan perseroan itu

Pengertian Konsolidasi menurut kamus Bahasa Indonesia

pengertian konsolidasi
mzstatic.com

Berikut ini adalah definisi attau pengertian konsolidasi menurut kamus Bahasa Indonesia adalah :

  1. Perbuatan memperkokoh atau memperkuat perusahaan dan organisasi
  2. Meleburnya dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan dengan visi yang sama.

Definisi konsolidasi secara umum

  • Berikut ini adalah definisi konsilidasi secara umum :
  • Konsolidasi yakni dua buah perusahaan yang bergabung bubar demi hukum dan sebagai gantinya didirikan suatu perusahaan dengan nama yang baru walaupun secara keuangan perusahaan baru tersebut mengambil alih asset hak serta kewajiban dari 2 perusahaan yang bubar.
  • Konsolidasi yaitu meleburnya 2 badan hukum menjadi 1 badan hukum baru.
  • Konsolidasi yaitu menggabungnya usaha antara 2 perusahaaan atau lebih dimana untuk melanjutkan aktivitas usaha gabungan dibentuk perusahaan baru dan semua perusahaan yang bergabung menghentikan kegiatannya (Aliminsyah).
  • Konsolidasi adalah adanya 2 PT atau lebih yang menggabungkan diri menjadi 1 PT. (Rudi Prasetya :53).
  • Konsolidasi adalah semua pT yang pernah ada bubar dan meleburkan diri menjadi 1 PT, (Rudi prasetya :53).

Perusahaan yang Melakukan Konsolidasi

pengertian konsolidasi
wikimedia.org

Berikut ini adalah contoh perusahaan yang melakukan konsolidasi adalah :

  • BBD (Bank Bumi Daya);
  • Bank Bapindo;
  • Bank Dagang Negara;
  • Bank Exim Menjadi Bank Mandiri;
  • PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) dan PT Smart Telecom (Smart) menjadi SmartFren.

Sumber Hukum Konsolidasi

pengertian konsolidasi
stuyalumni.org

Tentunya dalam melakukan penggabungan perusahaan terdapat sumber hukum yang berkalu, berikut ini adalah sumber hukum dari konsolidasi;

  1. Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas,
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 Tentang Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas,
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2010 Tentang Penggabungan Atau Peleburan Badan Usaha Dan Pengambilalihan Saham Perusahaan Yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Pengertian Konsolidasi dalam Kelompok Masyarakat

pengertian konsolidasi
nettik.net

Dalam aplikasi pada kelompok-kelompok masyarakat, konsolidasi bermakna penguatan anggota-anggota kelompok tersebut dengan tujuan agar lebih erat dan solid.

Pada kasus ini, makna konsolidasi lebih kepada hal yang berkaitan dengan sosial, berbeda dengan perspektif bisnis di atas.

Pengertian Konsolidasi Tanah

pengertian konsolidasi
gambar-katakata.com

Konsolidasi tanah adalah istilah yang dipakai dalam sistem bernegara, terutama yang berkaitan dengan kepengurusan tanah.

Dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 4 tahun 1991 bahwa konsolidasi tanah memiliki arti upaya penataan kembali penguasaan dan penggunaan tanah.

Dengan adanya konsolidasi tanah, diharapkan masyarakat bisa kembali menata kepemilikan dan kepenguasaan tanah dengan aman dan tertib, tidak ricuh.

Selain itu juga agar tidak perlu mengganggu pembangungan sarana fisik untuk umum, seperti jalan, rumah sakit dan sekolah.

Pengertian Konsolidasi dalam Akuntansi

pengertian konsolidasi
theselfemployed.com

Makna konsolidasi dalam bidang akuntansi mempunyai arti penggabungan aset, kewajiban, ekuitas serta akun operasional dari suatu perusahaan induk dan sebuah anak perusahaan menjadi satu bentuk laporan keuangan yang disepakati.

Selain hal tersebut, bisa juga dipakai untuk menggabungkan lebih dari satu perusahaan dalam suatu pembelian, merger ataupun pengalihan kepemilikan untuk disatukan menjadi suatu perusahaan baru yang diharapkan lebih menguntungkan.

Pengertian Konsolidasi dalam Sosiologi

pengertian konsolidasi
study.com

Konsolidasi dalam sosiologi penguat atau juga bisa disebut peneguh untuk keanggotaan-keanggotaan masyarakat dalam suatu kelompok sosial dengan adanya tumpang tindih dalam keanggotaannya.

Pada kasus ini terjadi disebabkan memiliki persamaan antar individu pada kelompok sosial sehingga satu sama lain memiliki keterkaitan.

Bisa juga diartikan bahwa suatu kelompok memiliki sifat yang tumpang tindih dengan adanya kelompok sosial lainnya. Hal ini akan membentuk kelompok kecil baru yang akan dibuat pada dasar kesamaan sifat dari masing-masing individunya.

Masyarakat Indonesia sering kali terjadi konsolidasi semacam ini baik dengan suku budaya dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.

Contohnya saja adanya suku budaya yang menganut agama tertentu lebih dominan sehingga pada budaya tersebut juga berarti suatu agama yang dianutnya, contohnya orang Melayu yang identik dengan penganut agama islam.

Konsolidasi dalam sosiologi ini, dipakai juga pada kehidupan mahasiswa. Pada kehidupan mahasiswa juga sering terdapat hal yang demikian, misalnya saja adanya ikatan mahasiswa daerah.

Pada hal ini yang mendasari adanya pembentukan kelompok yaitu adanya kesamaan status sebagai seorang mahasiswa dan juga berasal dari daerah yang sama, dengan demikian maka terbentuklah konsolidasi.

Sebuah konsolidasi keolmpok yang mana saling terikat satu sama lainnya. Banyak sekali terjadi hal yang demikian dalam suatu daerah dengan banyak universitas.

Intisari Pengertian Konsolidasi

pengertian konsolidasi
licdn.com

Intisari dari pengertian konsolidasi yaitu suatu kegiatan yang dikerjakan untuk memperkuat, memperteguh, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu. Konsolidasi bisa berarti penguatan anggota masyarakat dalam suatu kelompok.

Istilah konsolidasi juga bisa digunakan pada laporan keuangan perusahaan yang digabung menjadi satu. Meskipun pemakaiannya bermacam-macam, namun inti dari konsolidasi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk memperkuat, memperteguh, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu.

Ciri-Ciri Konsolidasi

pengertian konsolidasi
intercomassets.com

Berikut ini adalah ciri-ciri konsolidasi dari beberpa aspek seperti status perusahaan, rancangan dan konsep serta aktiva dan pasiva

  • Status Perusahaan
    Perusahaan telah meleburkan diri bubar tanpa likuidasi. Perusahaan yang baru hasil peleburan harus memiliki status badan hukum yang baru dari menkumham.
  • Rancangan dan Konsep
    Rancangan konsolidasi serta konsep akta konsolidasi harus disetujui oleh pihak RUPS di masing-masing perseroan. Konsep akta konsolidasi yang sudah disetujui RUPS dituliskan dalam akta konsolidasi yang dibuat di hadapan notaris
  • Aktiva dan Pasiva
    Aktiva dan pasiva perusahaan yang meleburkan diri akan beralih ke dalam perusahaan baru hasil konsolidasi berdasarkan titel umum.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur Teks Cerita Sejarah Lengkap dengan Contohnya

tujuan pendidikan nasional

Tujuan Pendidikan Nasional | UUD 1945, Tap MPR dan Para Ahli