Pengertian Larutan Beserta Macam-Macam Larutan dan Pengenceran

PENGERTIAN LARUTAN – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan larutan. Bahkan bisa jadi kita sering membuat sebuah larutan. Namun, apakah anda mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan larutan itu? Bagaimana proses pembentukan larutan?

Berikut akan kami Jelaskan mengenai pengertian larutan, macam-macam larutan, dan proses pengenceran larutan.

Pengertian Larutan

pengertian larutan
rizqarahim.wordpress.com

Larutan merupakan campuran homogen dari dua zat atau lebih yang saling melarutkan dan setiap zat penyusunnya tidak bisa dibedakan lagi secara fisik. Campuran homogen tersebut terdiri dari pelarut dan zat terlarut. Sebagai contoh larutan yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah air garam, air gula, air kopi air teh dsb.

Pada larutan juga terdapat istilah solven dan solute. Solvent adalah pelarut sedangkan solute adalah zat terlarut. Pada umumnya dalam suatu larutan jumlah solvent lebih banyak dibandingkan jumlah solute. Larutan dapat terbentuk disebabkan ada gaya tarik menarik yang terjadi antara molekul-molekul solven dan solu

Macam-macam Larutan

tokokimia.id

Larutan terdiri dari beberapa macam yang dibagi berdasarkan beberapa hal.

1. Larutan Pekat dan Larutan Encer

Perbedaan antara larutan pekat dan larutan encer adalah pada jumlah solven dan solut nya pada larutan pekat jumlah solut cenderung lebih banyak dibandingkan jumlah proton sementara pada larutan encer jumlah solvent cenderung lebih banyak dibandingkan jumlah solut nya

2.  Larutan Berdasarkan Daya Hantarnya

Terdapat juga larutan elektrolit, air memang bukanlah konduktor listrik yang baik sebagai pelarut. Namun apabila di dalam air dimasukkan senyawa ion terlarut semisal NaCl, maka larutan tersebut dapat menjadi konduktor listrik atau biasa dikenal sebagai larutan elektrolit.

Larutan elektrolit terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Larutan elektrolit kuat merupakan larutan yang seluruh molekul-molekulnya terbagi menjadi ion-ion yang terionisasi sempurna. Hal itu menyebabkan larutan tersebut memiliki daya hantar yang kuat seperti larutan HCl atau asam klorida.
  • Larutan elektrolit lemah merupakan larutan yang molekul-molekulnya tidak semuanya menjadi ion-ion. Sehingga memiliki daya hantar yang sangat lemah.
  • Larutan non elektrolit merupakan larutan yang semua molekul-molekulnya tidak menjadi ion ion atau tidak mengalami ionisasi. Sehingga larutan tersebut tidak bisa menghantarkan arus listrik atau tidak memiliki daya hantar.

3. Larutan Berdasarkan Kejenuhan Larutan

Berdasarkan tingkat kejenuhannya larutan dapat dibagi menjadi beberapa macam.

  • Larutan jenuh merupakan larutan yang memuat beberapa solute yang larut dan mengalami kesetimbangan terhadap solute padatnya.
  • Larutan tidak jenuh merupakan larutan yang memuat solute yang kurang dari kebutuhan untuk menghasilkan larutan jenuh.
  • Larutan sangat jenuh merupakan larutan yang memuat solute lebih banyak dibandingkan jumlah solute yang  dibutuhkan untuk menghasilkan larutan jenuh.

Proses Pengenceran

huffpost.com

Ketika melakukan aktivitas di laboratorium kita sering memakai larutan yang lebih rendah konsentrasinya dengan cara menambah jumlah zat pelarutnya untuk melakukan pengenceran. Sebagai contoh sebuah laboratorium kimia membeli larutan senyawa kimia dalam air yang memiliki konsentrasi sangat pekat.

Hal itu dilakukan sebab dianggap sebagai cara yang paling murah. Kebanyakan juga orang membeli larutan pekat yang nantinya ketika hendak digunakan dapat diencerkan. Pengenceran biasa dilakukan dengan cara mencampurkan larutan pekat atau yang memiliki konsentrasi tinggi dengan pelarut.

Dengan tujuan untuk mendapatkan volume total yang lebih besar hal itu akan menyebabkan konsentrasi larutan tersebut menjadi lebih rendah.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan demi keamanan saat melakukan pengenceran Ketika suatu Larutan kimia yang memiliki konsentrasi tinggi diencerkan. Sebab terkadang larutan melepaskan sejumlah panas ketika proses pengenceran.

Hal itu biasa dijumpai pada pengenceran Asam Sulfat yang memiliki konsentrasi tinggi. Panas yang dilepaskan tersebut begitu besar sehingga menyebabkan air mendidih dengan cepat. Bahkan apabila terpercik dan terkena kulit, bisa menimbulkan luka.

Demikian artikel mengenai pengertian lautan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Salam.

Tinggalkan komentar