Tahukah Kamu Apa itu Legenda? Berikut Pengertiannya

Legenda merupakan cerita sebuah cerita rakyat yang dianggap nyata adanya. Baik itu ada pada tokoh sejarah, tempat dan waktu. Yus Rusyana (2000) pernah menyatakan pendapatnya tentang ini bahwa ada beberapa ciri legenda, yaitu

1. Legenda bisa berupa cerita tradisional yang telah diceritakan dan dimiliki masyarakat sejak dulu.
2. Cerita legenda juga menghubungkan peristiwa dan benda bersejarah, misalnya seperti peristiwa tentang penyebaran agama serta alat peninggalan seperti, pemakaman, kris dan benda-benda lain.
3. Para pelaku yang ada di dalam legenda dibayangkan sebagai pelaku yang benar-benar pernah hidup di zaman terdahulu. Mereka merupakan orang terkemuka yang dianggap sebagai pelaku sejarah. Mereka juga sering melakukan perbuatan yang baik bagi masyarakat.
4. Hubungan setiap peristiwa dalam sebuah legenda menunjukkan suatu tanda ikatan yang logis.
5. Latar cerita legenda terdiri dari latar waktu dan latar tempat. Latar tempat pada umumnya ada yang dikatakan secara jelas dan ada juga yang tidak. Sedangkan latar waktu biasanya adalah waktu yang telah dialami dimasa dulu.
6. Perbuatan disertai pelaku yang dibayangkan sehingga betul-betul terjadi kemudian menjadi legenda yang seakan-akan ada di dalam ruang dan waktu yang sebenarnya. Sejalan dengan hal tersebut anggapan masyarakat pun berubah menjadi seperti hal itu dan melahirkan perilaku serta perbuatan yang benar-benar menghormati akan keberadaan pelaku serta perbuatannya dalam legenda.

Menurut Jan Harold Brunvand dalam Danandjaja (2002) menggolongkan bahwa legenda terbagi menjadi empat kelompok, yaitu :

1. Legenda keagamaan.
2. Legenda alam gaib.
3. Legenda perseorangan.
4. Legenda setempat.

Legenda Kegamaan

Tokoh di dalam legenda keagamaan ini bersangkutan dengan Agama diantaranya adalah Islam, nasrani. salah satunya adalah cerita tentang seorang wali yang memperjuangkan dan menyebarluaskan agama islam. Legenda ini sudah menyebarluas di daerah Jawa dan sekitarnya.

Legenda Alam Gaib

Legenda alam gaib pada umumnya berbentuk kisah yang dianggap nyata adanya bahkan pernah dialami oleh seseorang. fungsi legenda seperti ini yaitu untuk memperkuat keyakinan dan kepercayaan rakyat. Legenda alam gaib ini juga menyatu terhadap lingkungan sekitar kita.

Legenda Perseorangan

Legenda ini menceritakan tentang tokoh-tokoh terpilih yang dianggap nyata oleh empunya. Legenda golongan ini apabila dicermati dan dapat dibandingkan dengan pengelompokan legenda menurut pendapat Rusyana dkk, termasuk dalam kelompok yang kedua yaitu legenda kepahlawanan.

Legenda Setempat

Cerita ini menghubungkan terhadap lokasi atau wilayah. seperti goa-goa, bukit-bukit yang letaknya di pedesaan. Contohnya adalah seperti legenda tentang tokoh sangkuriang .

Dalam sebuah masyarakat yang belum mengenal tulisan, cerita-cerita mengenai asal usul atau masa lalu sering dijadikan kepercayaan. Apalagi jika cerita tersebut menampilkan seorang tokoh dianggap sakral. Masyarakat pun akan menghormati tokoh tersebut bahkan sampai ada yang menyembahnya.

www.dawn.com
www.dawn.com

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian legenda. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar