Pengertian Literatur dan Penjelasan Jenis-jenisnya

PENGERTIAN LITERATUR – Biasanya literatur berasal dari sebuah buku, atau jurnal ilmiah. Jadi isinya bisa dipakai untuk sumber referensi. Dalam bahasa inggris sendiriĀ literature, yang artinya karya sastra atau kesusastraan, bisa dalam wujud drama, novel, atau puisi.

Literatur tidak harus berupa tulisan, bisa juga dalam bentuk piringan hitam, rekaman, laser desk, kaset, film, dan lain-lainnya asal masih mmemberikan informasi.

Pengertian Literatur

Pengertian Literatur
purpletheology.com

Literatur merupakan bahan bacaan yang bisa dipakai dalam semua aktivitas yang bersifat intelektual ataupun rekreasi. Ini adalah penjelasan dariĀ ALA Glosary of Library and Information Science pada tahum1983.

Literatur bisa diartikan sebagai asal atau sumber yang dipakai dalam segala macam kegiatan di ilmu pengetahuan. Literatur juga bisa diartikan sebuah rujukan yang dipakai untuk memperoleh informasi tertentu.

Jenis – jenis Literatur

Pengertian Literatur
independent.co.uk

Pada intinya, literatur bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Menurut tingkat kedalaman analisisnya, menurut lokasi penempatan koleksinya, dan menurut sifatnya. Berikut ini penjelasannya:

1. Jenis Literatur Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksinya :

  • Koleksi Umum

Literatur koleksi umum adalah literatur yang tersusun dari berbagai jenis buku yang dipakai untuk pembaca yang sudah remaja atau dewasa.

Jenis literatur ini umumnya diletakkan di rak buku terbuka dan bebas dipakai oleh siapa pun. Beberapa contoh dari literatur ini adalah buku populer seperti budi daya tanaman, novel, serial komik, dll.

  • Koleksi Referensi

Literatur koleksi referensi adalah literatur yang tersusun dari banyak informasi. Literatur ini bisa dipakai untuk menjawab semua jenis pertanyaan sulit yang didapat penggunanya. Literatur ini biasanya berupa kamus, ensiklopedia dan juga buku pedoman.

2. Jenis Literatur Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analisisnya

  • Literatur Primer

Literatur primer adalah literatur yang dihasilkan dari penelitian yang tidak pernah dimunculkan sebelumnya. Literatur jenis ini umumnya terkandung berbagai gagasan atau ide-ide baru dari semua jenis disiplin ilmu.

  • Literatur Sekunder

Pengertian literatur sekunder adalah literatur yang dihasilkan dari mengutip atau merujuk hasil yang sudah ada di literatur primer. Literatur sekunder umumnya berisi seputar teori-teori yang sudah ditemukan sebelumnya dan tidak pernah menampilkan suatu temuan baru.

  • Literatur Tersier

Literatur tersier adalah literatur yang terkandung berbagai jenis informasi seperti petunjuk agar bisa menemukan literatur sekunder.

3. Jenis Literatur Berdasarkan Sifatnya

  • Dokumen Tekstual

Literatur dokumen tekstual adalah literatur yang terkandung berbagai jenis teks tertulis yang bisa dibaca oleh penggunanya.

  • Dokumen Nontekstual

Literatur dokumen nontekstual adalah literatur yang terkandung seputar informasi bukan dari teks seperti foto, gambar, suara, dll.

  • Dokumen Campuran

Literatur dokumen campuran adalah literatur yang berisi gabungan dari dua literatur di atas. Jenis literatur ini biasanya dihasilkan ketika kedua literatur di atas telah diterbitkan.

Itulah pengertian literatur dan beberapa jenis literatur yang banyak digunakan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar