Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli dan Konsepnya

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN – Manajemen pemasaran merupakan alat analisis, Penerapan, perencanaan dan pengendalian program yang diprogram untuk membangun, menciptakan, dan mempertahankan pertukaran yang meraih keuntungan dengan target pemasaran sasaran dengan tujuan utama yaitu mendapatkan laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran
ilmuakuntansi.web.id
  • Manajemen pemasaran menurut kotler th 1980 adalah perencanaan, penganalisaan, dan pengawasan seluruh program yang mempunyai tujuan memunculkan pertukaran dengan pasar yang dapat dituju dengan mempunyai maksud berperan dalam mencapai tujuan dari perusahaan.
  • Manajemen pemasaran menurut Dharmesta dan Handoko tahun 1982 adalah salah satu pokok kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaanny, berkembang dan bisa mendapatkan laba. Proses pemasaran itu bisa dimulai sebelum barang jualan diproduksi, dan tidak akan berakhir dengan penjualan. Perusahaan dalam kegiatan pemasarannya juga harus memberikan kepuasan pada konsumen jika mau usahanya terus berjalan, atau konsumen meniliki penilaian yang baik terhadap perusahaan.
  • Manajemen pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah perencanaan, analisis, implementasi dan pengendalian program yang di rancang untuk membangun, menciptakan dan mempertahankan pertukaran yang mendapatkan keuntungan dengan pembeli sebagai sasaran guna mencapai tujuan perusahaan.
  • Manajemen pemasaran menurut terjemahan American Marketing Association adalah pelaksanaan dalam dunia usaha yang menggerakkan akan arus barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau pihak pemakai.
    Definisi manajemen pemasaran menutut William J. Staton ialah sebuah sistem keseluruhan dari segala aktivitas bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, meyakinkan harga, promosi dan mendisribusikan jasa dan barang yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan, baik itu kastemer yang udah ada maupun cuma pembeli potensial.

Konsep Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran
alligatorsky.net

Konsep pemasaran memiliki tujuan memberikan kepuasan kepada kebutuha dan keinginan pembeli atau konsumen. Sluruh aktifitas dalam pemasaran yang mengikuti konsep pemasaran mesti diarahkan untuk memenuhi akan tujuan tersebut.

Secara definisi dapat diambil kesimpulan bahwa konsep pemasaran yakni sebuah falsafah di dalam bisnis yang menjadikan pemasaran keperluan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan (Stanton, 1978)

Unsur penting dalam kosep pemasaran ialah:

  • Market oriented berorientasi pada sebuah keinginan Konsumen
  • Penyusunan sebuah kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan pada Konsumen

Konsep Manajemen sebetulnya mencakup usaha dan strategi yang diambil manajemen dalam rangka untuk tercapainya tingkat kepuasan pada konsumen.

Tinggalkan komentar