Pengertian Migrasi beserta Penjelasannya

Pengertian Migrasi – Di dunia ini manusia dan hewan adalah makhluk yang dapat berpindah tempat secara aktif. Mereka bisa dengan mudah berpindah-pindah tempat sesuai dengan kepentingannya masing-masing.

Nah, di dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian migrasi. Dengan begitu, anda akan lebih paham apa sih migrasi itu sebenarnya. Oke, mari kita langsung saja pembahasan mengenai migrasi beserta penjelasannya.

Pengertian Migrasi

sumber: worldbank.org

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari sebuah tempat ke tempat yang lainnya. Migrasi ini tak hanya dilakukan oleh manusia saja. Hewan-hewan juga melakukan migrasi sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya para binatang bermigrasi karena beberapa faktor.

Contohnya ketika terjadi pergantian musim, di mana habitat kesehariannya tak lagi nyaman untuk ditinggali. Seperi ketika terjadi musim dingin, atau ketika sumber makanan dan air sudah tidak mencukupi lagi.

Inilah beberapa contoh yang melatar belakangi terjadinya migrasi oleh hewan. Sedangkan pada manusia sendiri migrasi adalah kegiatan yang sudah terjadi sejak zaman prasejarah. Bahkan di masa itu, manusia lebih aktif untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Migrasi ini bertujuan agar mereka tetap mampu bertahan hidup. Manusia di zaman prasejarah hidup dengan nomaden. Mereka mencari makan dengan berburu dan memetik tumbuhan-tumbuhan yang memungkinkan mereka jadikan makanan.

Manusia di zaman prasejarah baru menetap setelah mereka merasa cocok dengan wilayah yang mereka huni. Dan dari sinilah mulai terbentuk komunitas-komunitas kecil yang kemudian berkembang menjadi perkampungan, hingga kota dan pusat pemerintahan.

Sedangkan di zaman modern sendiri, secara umum migrasi dibagi menjadi 2 jenis yaitu imigrasi dan emigrasi.

Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke dalam negara kita. Contohnya warga negara India yang berpindah ke Indonesia. Sedangkan sebaliknya, emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara yang lainnya.

Contoh seperti penduduk Indonesia yang melakukan emigrasi ke negara Malaysia.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai pengertian migrasi. Migrasi adalah sebuah kegiatan yang tidak akan terhindarkan oleh manusia. Semoga dapat bermanfaat dan menambah kita wawasan. Silahkan tinggalkan krikik dan saran di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar