Pengertian Mitosis Beserta Dengan Penjelasannya

PENGERTIAN MITOSIS – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang beberapa pengertian mitosis. Kami akan menjelaskannya dengan sangat detail dan terperinci agar para pembacanya. Nah!!! langsung saja mari kita bahas pengertiannya dibawah ini.

Pengertian Mitosis

quora.com

Mitosis merupakan proses yang dimana sebuah sel tunggal membelah dan mengakibatkan terjadinya dua sel yang identik, masing-masing memiliki isi kromosom dan isi genetik.

Dan pengertian mitosis yang lainnya adalah, mitosis merupakan ` proses yang dimana ada sebuah sel tunggal yang membelah dan lalu mengakibatkan dua yang menjadi identik, masing-masing sel tersebut memiliki kromosom dan isi genetik yang sama.

Mitosis adalah proses terjadinya pembelahan sel nuklir. Selama divisi ini sel tersebut membelah maka akan menghasilkan dua set kromosom yang sangat identik, atau DNA yang sangat terorganisir.

Proses ini terjadi harus dengan mengandalkan proses yang dinamakan dengan nama sitokinesis, yang mengarah menuju dua sel yang benar-benar terpisah, sel tersebut dinamakan dengan nama sel anak.

Ada empat fase dalam proses ini yaitu: profase, anafase, metafase dan telofase. Ada beberapa alasan dalam proses yang terjadi ini, termasuk reproduksi dan pengganti sel, dan ada masalah yang dapat membunuh sel-sel tersebut.

Pasti ada banyak sekali orang yang sulit membedakan antara mitosis dan meiosis keduanya saran divisi seluler, tetapi kedua berbeda dalam beberapa prosesnya.

Pertama meiosis hanya dapat terjadi pada tipe tertentu yang disebut dengan sebutan gamet-pada manusia, telur, sperma dan spora. Selain itu meosis berakhir dengan empat sel yang benar-benar unik secara genetik, dan sedangkan pada mitosis, hasil akhirnya adalah 2 sel yang benar-benar identik.

Sebelum ini, bahan genetik asli sel (induk) telah direplikasi selama fase S dari siklus sel sehingga ketika sel memasuki mitosis itu mengalami empat fase utama yang berujung pada pembentukan dua sel identik (anak)

Sekian penjelasan dari kami tentang pengertian mitosis, semoga semua pembahasan yang ada pada artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada dibawah ini.

Tinggalkan komentar