Pengertian Musik Dangdut dan Sejarah Perkembanganya di Indonesia

Musik dangdut adalah kombinasi antara musik melayu dan musik india, lalu musik ini berkembang dan menghadirkan dengan ciri khasnya yang berbeda dengan musik melayu. Ciri khas musik dangdut ini yaitu menggunakan alat musik tabla, sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan suara ndut.

Musik Dangdut memiliki irama yang ringan, inilah yang membuat penyanyi dan penikmat musik ini untuk menggoyangkan anggota badannya. Musik dangdut sangat mudah diterima masyarakat karena liriknya yang sederhana sehingga mudah dicerna.

Musik Dangdut yang merupakan seni kontemporer yang semakin dikenal masyarakat seiring perkembangan jaman. Pada awalnya dangdut dikenal dengan seni musik untuk kalangan kelas bawah dan memang aliran seni musik dangdut ini adalah cerminan dari kondisi masyarakat kelas bawah yang memiliki ciri khas kelugasan dan kesederhaannya.

idamanlove.id
idamanlove.id

Di awal tahun 2000-an seiring kejenuhan dengan musik dangdut asli membuat para musisi dangdut di daerah Jawa Timur mulai memberikan inovasi musik dangdut yang lebih segar yaitu seni musik dangdut Koplo.

Dan karena kreatifitas para Musisi Dangdut Jawa Timur-an inilah hingga sekarang ini musik dangdut koplo yang khas dengan gaya jingkrak pada setiap goyangan penyanyi. Dangdut koplo ini saat ini dikenal luas dan banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Sayangnya, banyak masyarakat yang memang kurang menyetujui musik dangdut koplo sekarang banyak beredar di masyarakat karena aksi panggung yang sering berbau seronok atau kurang sopan, baik dari para pemusik maupun penyanyinya, sehingga mengundang aksi yang negatif juga dari para penonton.

Belum lagi tema-tema lagu yang mulai melenceng dari batas kesopanan, yang tidak hanya membahas tentang percintaan namun bahkan ada bahasan tentang anjuran berselingkuh, dan hal-hal kurang sopan lain yang dianggap tak pantas jika didengar atau dinyanyikan oleh lapisan masyarakat dengan rentang umur anak-anak sampai remaja.

Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa pada era sekarang ini musik dangdut telah menjangkau semua lapisan masyarakat mulai dari kelas bawah hingga kalangan menengah keatas. Bahkan saat ini telah memasuki dunia hiburan diskotik yang menjadikan dangdut sebagai menu musik setiap hari.

Banyaknya ajang kompetisi dangdut baik secara on screen maupun off screen menunjukkan bahwa tak hanya orang dewasa yang mahir bernyanyi dangdut dengan cengkok khasnya yang bisa dikatakan sulit tersebut. Namun kenyataannya banyak anak-anak dan remaja yang mampu juga melakukannya.

Hal ini menunjukkan bahwa musik dangdut merupakan musik rakyat, yang bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia, walaupun banyak aliran atau warna musik baru yang mulai berdatangan ke Indonesia saat ini.

Nah, demikianlah penjelasan tentang musik dangdut yang sesungguhnya adalah salah satu kekayaan seni milik bangsa Indonesia yang wajib kita banggakan dan jaga dengan baik, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Tinggalkan komentar