Pengertian Novel Beserta Unsur Instrinsik dan Ekstrinsiknya

Selamat datang di satujam, sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke satujam. pada artikel kali ini satujam akan membahas tentang novel, mulai dari pengertian novel, ciri-ciri novel, dan jenis-jenis novel. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi tentang novel dan bahkan kamu sering membaca novel. Novel memang banyak digemari oleh orang Indonesia, utamanya para perempuan. Mereka bisa menghabiskan beberapa novel dalam 1 pekan. Langsung saja kita akan membahas tentang novel.

Pengertian Novel

pengertian novel
pexels.com

Novel merupakan sebuah karya fiksi ditulis dengan naratif dan pada biasanya ditulisnya dalam bentuk sebuah cerita. Kata novel sendiri asalnya dari bahasa Italia yakni novella yang memiliki arti sepotong certia atau sebuah kiash. Julukan novelis diberikan untuk seorang penulis novel. Novel berbeda dengan cerpen, isi novel lebih kompleks dan panjang dibandingkan dengan cerpen. Di dalam novel juga tidak ada batasan sajak dan struktural. Umumnya cerita dai novel bercerita mengenai tokoh dalam kehidupan yang terjadi sehari-hari dan semua tabiat, sifat, dan wataknya

Pengertian Novel Dari Beberapa Ahli

Para ahli sastra memiliki pengertian masing-masing tentang novel. Berikut pengertiannya.

Dra. Abdul Roni, M. Pd, Dra. Yuni Pratiwi, M. Pd, Dr. Dawud, Dr. Nurhadi – Mereka berpendapat bahwa novel adalah sebuah bentuk dari karya sastra yang ada nilai-nilai budaya, pendidikan, sosial, dan juga moral.

Paulus Tukam, S.Pd – Novel adalah salah satu dari karya seni bentuknya prosa dan juga memiliki unsur-unsur instrinsik di dalamnnya.

Agus Prantoro, S. Pd dan Drs. Rostamaji, M. Pd – Novel ialah sebuah karya sastra yang mempunyai 2 unsur, yakni ekstrinsik dan instrinsik dimana keduanya saling berkaitan sebab keduanya saling berpengaruh dalam sebuah karya sastra.

Drs. Jakob Suamrdjo – Novel merupakan bentuk dari sebuah sastra yang terpopuler di dunia. Bentuk dari novel ini paling banyak dicetak dan beredar, sebab kekuatan komunitasnya sangatlah luas di masyarakat di seluruh dunia.

Unsur Pada Novel

Secara garis besar kita bisa menyimpulkan bahwasannya novel adalah sebuah karangan prosa yang di dalamnya berisi mengenai serangkaian cerita yang biasanya yang mendominasi adalah watak dan sifat dari para pelakunya. Novel juga bisa diartikan sebagai sebuah bentuk dari hasil karya sastra yang ceritanya fiksi dimana tulisan dan kata-katanya memiliki unsur ektrinsik dan instrinsik. Berikut unsur-unsur yang ada di dalam novel.

Unsur Ekstrinsik adalah unsur membangun dari luar sebuah novel, contohnya oada aspek agama, ekonomi, budaya, latar belakang penulis, pendidikan penulism dan lain sebagainya.

Unsur Intrinsik adalah unsur yang membangun sebuah karangan novel atau karya yang di dalamnya mewujudkan struktur karya sastra, contohnya: tokoh, tema, alur cerita, sudut pandang, latar, gaya bahasa yang dipakai serta amanat.

Karakteristi sebuah novel diantaranya sebagai berikut:

Banyaknya karakter tokoh yang bisa dipakai di dalam novel

Tema di dalam sebuah karya sastra novel tak hanya satu, tapi ada tema lainnya. Oleh sebab itu sang novelis bisa membahas dari berbagai permasalahan atau persoalan.

Mempunyai plot atau alur cerita. Berbagai macam cerita dan peristiwa yang adad di dalam novel satu dan yang lainnya saling berhubungan, sehingga novel bisa bercertia, pembahasannya bisa lebih dalam dan luas.

Itulah pembahasan tentang pengertian novel beserta unsur instrinsik dan ekstrinsiknya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih sudha berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ya.

Tinggalkan komentar