Pengertian Observasi dan Jenis-Jenisnya, Terlengkap!!

Pengertian Observasi ialah salah satu metode pengumpulan data dengan mengamati atau meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian atau lapangan untuk mengetahui secara langsung kondisi yang terjadi atau untuk membuktikan kebenaran dari sebuah desain penelitian.

Tujuan Observasi adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kehidupan sosial yang sulit diketahui dengan metode-metode lainnya. dengan observasi kita akan dengan lebih jelas mengetahui tentang sebuah permasalah dan kemudian mencari jalan atau petunjuk-petunjuk untuk memecahkan masalah tersebut. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data-data konkret di tempat penelitian.

Jenis-Jenis Observasi

pengertian observasi
reference.com

Berdasarkan pelaksanaaanya. observasi terbagi kedalam dua jenis. yakni Observasi non partisipasidan observasi partisipasi.

a. Observasi Pastisipasi
Observasi jenis ini ialah observasi dimana peneliti atau observer ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengamatan di lapangan. Peneliti bertindak menjadi observer dan menjadi bagian dari kelompok yang ditelitinya. Kelebihan dari jenis ini adalah peneliti menjadi bagian integral dari berbagai situasi yang dipelajari dilapangan, sehingga kehadirannya pun tidak mempengaruhi situasi di lapangan.

b. Observasi Non Partisipasi
Observasi jenis ini adalah observasi yang ketika pelaksanaannya tak melibatkan peneliti sebagai observer atau kelompok yang diteliti, penelitian jenis banyak dilakukan di masa kini, hanya saja kelemahannya adalah kehadiran pengamat dikhawatirkan dapat mempengaruhi perilaku atau sikap orang yang diamati.

Instrumen yang Digunakan Ketika Observasi

allthingslearning.wordpress.com

Berikut adalah beberapa instrument yang biasanya digunakan ketika melakukan observasi di lapangan.

  • Checklist yang merupakan suatu daftar yang berisi nama-nama responden dan juga beragam faktor yang akan diamati.
  • Rating Scale yang digunakan untuk pencatatan gejala menurut tingkatannya.
  • Anecdotal Record yang merupakan catatan-catatan yang dibuat oleh para peneliti mengenai tingkah laku luar biasa yang ditunjukan oleh responder.
  • Mechanical Device, yaitu alat mekanik yang dipergunakan untuk memotret kejadian atau peristiwa-peristiwa tertentu dari para responden.

Keuntungan dan Kekurangan Metode Observasi

kampung-media.com

1. Kelebihan Observasi

  • Pengamat memiliki catatan langsung dari peristiwa-peristiwa, perilaku dan lain sebagaiinya. Sehingga ia tidak menggantungkan data dari seseorang yang belum tentu ‘serius’ dalam melakukan pengamatannya.
  • Pengamat bisa memdapatkan data dari subjek langsung, baik itu dengan komunikasi verbal ataupun tidak.

2. Kekurangan Metode Observasi

  • Memerlukan waktu yang cukup lama, Apalagi untuk observasi terhadap suatu kejadian. Misalnya upacara adat di suatu daerah, maka si peneliti harus menunggu peristiwa tersebut dilakukan oleh masyarakat dan tentu saja tidak bisa memaksa untuk mempercepatnya.
  • Pengamatan tidak dilakukan secara langsung pada fenomena yang berlangsung lama.
  • Adanya kegiatan yang tidak mungkin diamati..

Bahan Pengamatan

earlyyearscareers.com

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi bahan untuk kegiatan observasi
a. Partisipan atau Pelaku
Dalam poin ini kita harus mengetahui siapa saja yang ikut terlibat dalam kegiatan observasi, bagaimana status mereka, apa hubungan mereka dengan kegiatan itu, kedudukan mereka di masyarakat, bagaimana bentuk kegiatan itu dan lain sebagaiinya.

b. Tujuan
Dalam hal tujuan kita harus mengetahu apa yang diharapkan pastisipan dari hal, peristiwa atau kegiatan yang di observasi.

c. Perasaan
Hal ini menyangkut luapan-luapan emosi dari partisipan baik itu dalam bentuk tindakan, ucapan, gestru tubuh ataupun mimik wajah.

d. Tempat Observasi
Ini menyangkut lokasi dilakukannya kegiatan observasi.

e. Waktu
Ini berhubungan dengan waktu peristiwa yang akan di observasi atau diamati.

f. Benda atau Peralatan.
Ini berhubungan dengan barang-barang yang kemungkinan dibutuhkan sewaktu berjalannya penelitian.

g. Peristiwa
Poin ini berhubungan dengan kejadian lain yang terjadi berbarengan dengan kegiatan yang diamati.

 

Tinggalkan komentar