Pengertian Pemanasan Global dan Penjelasannya

PENGERTIAN PEMANASAN GLOBAL – Sekarang sudah sering kita dengar berbagai berita mengenai pemanasan global yang tiada habis dibahas oleh berbagai orang. Mulai dari masyarakat awam hingga para ilmuwan sudah merasakan dampak buruk yang timbul akibat peristiwa pemanasan global.

Pembahasan mengenai pengertian pemanasan global, bahkan menjadi salah satu topik yang sering dibahas pada forum nasional hingga internasional. Hal ini dikarenakan permasalahan pemanasan global dapat mengancam keberlangsungan seluruh kehidupan di muka bumi.

Salah satu efek yang sangat terasa adalah terjadinya perubahan iklim dan cuaca secara ekstrim. Hal ini mengakibatkan beberapa wilayah mengalami hujan yang lebat sehingga menimbulkan bencana banjir. Di daerah lainnya timbul badai angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan.

Pengertian Pemanasan Global

pengertian pemanasan global
defenddemocracy.press

Pengertian pemanasan global memiliki beberapa definisi menurut pendapat para ilmuwan yang penyebab, efek, proses dan cara untuk menanggulanginya adalah hal yang paling penting untuk dipelajari. Kita semua cukup memahami bahwa implikasinya cukup berbahaya bagi kesehatan planet ini dan memiliki efek pada semua penghuni planet ini.

Pemanasan global adalah sebuah kondisi dimana terjadi kenaikan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh emisi gas yang berlebihan, seperti emisi rumah kaca, perfluorokarbon, hidrofluorokarbon, senyawa kimia dintro, seri alkana dan emisi rumah kaca.

Selama kira-kira dua puluh abad, kenaikan suhu tercatat telah mencapai nilai 0,3-0,8 derajat celcius. Dengan kemungkinan seratus tahun ke depan, kenaikan suhu bisa naik menjadi sekitar empat derajat celcius. Kenaikan suhu ini dapat mengubah iklim, menimbulkan perubahan pola cuaca.

Sehingga akan menghasilkan kenaikan dan perubahan pada curah hujan, badai dan angin dan bencana alam yang akan menghargai beberapa kehidupan.

Berdasarkan beberapa penelitian, saat ini suhu di permukaan planet Bumi telah menunjukkan peningkatan yang cukup besar sebesar 0,6 derajat celcius yang terjadi dalam kurun 100 tahun terakhir. Besarnya kenaikan suhu bumi terlihat cukup kecil, namun dampak pemanasan global sangat besar bagi planet dan kehidupan di dalamnya.

Selain itu kita juga dapat merasakan beberapa tanda dan gejala dari pemanasan global. Diantara gejala pemanasan global adalah pola perubahan musim di dunia yang menjadi sangat sulit untuk diprediksi. Contohnya di Amerika terjadi bencana tornado, banjir, dan mengeringnya terumbu karang yang semuanya terjadi secara tidak wajar.

Semoga artikel mengenai pengertian pemanasan global ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.

Tinggalkan komentar