Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli

Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat Internasional maupun Nasional. Pencak Silat merupakan cabang olahraga asli yang lahir di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat bermacam macam aliran pencak silat. Hampir di setiap suku terdapat seni pencak silat yang khas dengan daerah tersebut.

Dahulu pencak silat hanya dikenal di Indonesia namun sekarang cabang olahraga ini telah dipertandingkan secara resmi di tingkat internasional. Para pelatih pencak silat Indonesia banyak malang melintang di negeri tetangga untuk memperkenalkan pencak silat sekaligus menjadi pelatih.

Secara Etimologi Pencak Silat berasal dari dua kata yaitu Pencak dan Silat. Istilah Pencak sudah terkenal di daerah Asia tenggara sedangkan Silat hanya dikenal di Indonesia. Kata Pencak dan Silat memilikiarti yang sama namun dalam perkembanganya, Pencak lebih mengarah ke seni bela diri sedangkat silat mengarah ke ajaran beladiri atau pertarungan

Untuk lebih mengerti tentang arti dari Pencak Silat , Berikut ini adalah pengertian pencak silat menurut para ahli:

Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli

indopos.co.id
indopos.co.id
  • Hasan Alwi

Pencak adalah suatu keahlian dalam pertahanaan diri, dalam seni keahlian yang satu ini meliputi gerakan seperti menangkis, menghindar, menyerang dan lain sebagainya.

Sedangkan kata silat maknanya ialah olahraga yang dengan didasarkan pada kegiatan menghindar, menyerang dan mempertahankan diri, dengan atau tanpa senjata.

Jadi kesimpulannya, pencak silat adalah suatu skill kepandaian dalam seni berkelahi yang didasarkan pada ketangkasan dalam menyerang, menghindar dan membela diri, entah itu dalam suatu pertandingan khusus ataupun pada perkelahian yang sebenarnya.

  • Abdus Syukur

Menurut beliau, Pencak adalah gerakan-gerakan indah untuk menghindar, meyerang, dan pertahanan yang memiliki unsur komedi.

Makna pencak itu sendiri dapat pula dijadikan sebuah acara pertunjukan sebagai sarana untuk hiburan.

Sedangkan makna dari kata silat adalah teknik beladiri dalam menghindar, menyerang dan mengunci lawan yang tidak bisa ditampilakan di khalayak ramai.

  • Wongsonegoro

Makna dari kata pencak adalah gerakan yang bisa diartikan untuk menyerang ataupun membela diri.

Pencak memiliki aturan khusus dan dapat dipertunjukkan di depan umum.

Silat juga merupakan inti sari dari pencak, yaitu seni kepandaian dalam hal berkelahi atau membela diri yang tidak bisa diperlihatkan di khalayak umum.

  • Koesoepanangat

Pada pendapat beliau, pencak adalah gerakan-gerakan ilmu bela diri tanpa adanya lawan.  Sementara pada silat itu sendiri merupakan seni bela diri yang tidak boleh dikompetisikan.

  • Maryono

Menurut salah satu ahli, yaitu Maryono, perbedaan dari pencak silat dapat dilihat dari gerakan-gerakannya yang boleh dipertontonkan atau  tidak.

  • Atok Iskandar

Berdasarkan pendapat salah seorang ahli, pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan dari masyarakat Indonesia dalam membela atau mempertahankan diri.

Dalam segi mandiri dan kualitasnya terhadap orang lain, serta makhluk hidup lain yang ada disekitarnya guna untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan.

Nah, gimana? dari sekian banyak Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli tersebut, kamu lebih setuju yang mana?

Walaupun gak baku sih ya, setidaknya kita bisa mengetahui bahwa pencak silat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan bangsa Indonesia yang kaya raya.

Dapat disimpulkan pula, pencak silat ialah gerakan-gerakan indah dalam ilmu seni bela diri yang meliputi teknik menyerang dan menangkis untuk tujuan mempertahankan diri.

Entah itu ketika dalam situasi bahaya ataupun ketika ingin digunakan untuk menolong orang lain.

Tinggalkan komentar