Pengertian Pergaulan Bebas Beserta Faktor Penyebab dan Dampaknya

PENGERTIAN PERGAULAN BEBAS – Di zaman sekarang ini dimana era semuanya serba digital tentunya banyak memberikan dampak bagi kehidupan manusia di dunia ini.

Baik itu dampak pistif ataupun dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya ialah makin meningkatnya yang namanya pergaulan bebas. Apa arti dari pergaulan bebas itu? Simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas
abiummi.com

Menurut KBB (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pengertian pergaulan bebas terdiri dari 2 kata yaitu kata pergaulan dan kata bebas, pergaulan sendiri diartikan sebagi kehidupan bergaul, sedangkan bebas adalah tidak terikat atau terbatas oleh aturan.

Menurut Salah satu Ahli yang dibidangnya, diantaranya Gunarsa. Beliau mengartikan Pergaulan bebas sebagai pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi. Tidak hanya terkait antara dua orang sajanamun juga antara banyak muda-mudi.”

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas
parararam.com

Ada Beberapa faktor yang menjadi penyebabn pergaulan bebas diantaranya ialah:

1. penampilan fisik, tentunya hal ini menjadi salah satu faktor, karena seseorang (utamanya remaja) tentunya mereka kurang percaya diri ketika masuk masa pubertas disebabkan adanya perubahan fisik;

2. Status kedewasaan, pemikiran yang belum dewasa membuat gampanya terpengaruh serta kurangnya sikap bertanggung jawab;

3. Ketidakjelasan terhadap masa depan didukung juga dengan keragu-raguan terkait tempatnya di masyarakat.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Dampak Negatif Pergaulan Bebas
hidayatullah.com

Dampak negatif dari pergaulan bebas terbagi menjadi 3, diantaranya adalah;

1. Kenakalan Remaja. Kenakalan remaja merupakan perbuatan yang menyimpang serta melanggar norma yang nantinya dapat mengganggu ketertiban di masyarakat. Contoh dari kenakalan remaja adalah tawuran, pelacuran, pencurian, sampai membolos sekolah dan lain sebagainya.

2. Seks Bebas. Biasanya mereka yang melakukan seks bebas disebabkan oleh keinginan mereka sendiri. Dorongan seksual ini akibat maraknya media yang banyak mengekspose hal-hal yang pornografi, inilah yang menjadikan banyak remaja terpengaruh untuk mengikuti.

Banyak sekali kerugian dari Seks Bebas ini, diantaranya rentan terhadap penyakit menular seksual (PMS), seperti gonorrhea, herpes dan sifilis ataupun yang terparah HIV/AID, kemudian rentan terhadap penyimpangan seksual, seperti masturbasi, fethisisme, prostitusi, homo seksual.

3. Narkotika. Berawal dari rasa penasaran lalu coba-coba kemudian akhirnya menjadi kecanduan. Pecandu nantinya akan mengalami perubahan suasana hati, pola pikir serta perilaku. Efek jangka pendek dari narkoba ini ialah kerusakan atau gangguan pada organ tubuh, dan efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kematian.