in

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli dalam Suatu Negara

Pertumbuhan Ekonomi
satujam.com

PENGERTIAN PERTUMBUHAN EKONOMI – Hai sobat satujam! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian pertumbuhan ekonomi. Sebelum lanjut ke pembahasan inti, tahukah anda pengertian dari pertumbuhan ekonomi? Bagi anda yang belum tahu, serta penasaran untuk memahaminya lebih mendalam tentang pertumbuhan ekonomi, simak ulasan-ulasan berikut.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi
satujam.com

Dalam istilah pengertian pertumbuhan ekonomi, para ahli berbeda dalam memaparkan pengertian pertumbuhan ekonomi. Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses pergantian demi pergantian dalam hal perekonomian pada suatu negara yang semakin maju dan lebih baik.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga bisa diartikan dengan proses naiknya perekonomian, kapasitas produksi dalam suatu negeri atas keberhasilan dan majunya negara. Dalam pertumbuhan ekonomi sendiri terdapat tiga komponen.

1. Adanya pertumbuhan dalam bidang keekonomian, yaitu naiknya output yang terus bersambung/terus-menerus.
2. Naiknya suatu perekonomian juga adanya perkembangan teknologi.
3. Agar perekonomian berjalan dan berlangsung dengan baik, maka diperlukan adanya ideologi, sikap, dan kelembagaan.

Pada dasarnya, pertumbuhan ekonomi menjelaskan tentang kemajuan ekonomi negara, serta perkembangan dan pertumbuhan. Yang dari itu semua mampu menggambarkan peningkatan produksi barang secara jasa fisik dalam waktu periode tertentu.

Menurut Adam Smith , David Ricardo, Thomas Robert Malthus dan Jhon Stuart Mill, yang mereka semua adalah para pakar ekonom klasik, mereka menyatakan bahwa terdapat 4 faktor yang mempengaruhi dalam pertumbuhan ekonomi. Yaitu adalah.

  • Jumlah penduduk dalam negara
  • Jumlah barang/produk dalam suatu negara
  • Kekayaan alam dan luasnya tanah yang dimiliki negara
  • Majunya teknologi dalam negara tersebut

Prof. Simon Kuznet, mengartikan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dengan adanya kenaikan pada suatu negara dalam waktu jarak panjang. Yang mana jumlah barang produk semakin meningkat dan juga teknologi semakin maju.

Adapun menurut M. P. Todaro, dia mendefinisikan pertumbuhan ekonomi dengan proses terdirinya dan terbangunnya perekonomian yang semakin meningkat dari barang ataupun produk dalam suatu negara. Yang mana peningkatan tersebut terjadi di sepanjang waktu yang semakin lama semakin besar.

Nah, itulah devinisi dari para ahli perekonomian yang berbeda namun, masih dalam satu makna. Sekiranya dengan pengertian pertumbuhan ekonomi sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah ilmu serta bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa lagi,  wassalam.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kronologi perang sunia 1

Rangkuman Kronologi Perang Dunia 1 Beserta Akhir Proses Peperangan

Niat Shalat Istikharah

Lafadz Bacaan Niat Shalat Istikharah Beserta Pengertiannya