Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli

PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL – Secara umum, perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan norma, nilai-nilai sosial, dan berbagai aspek pada kehidupan manusia.

Jika ditelusuri dan dibandingkan suatu masyarakat pada masa tertentu, masa lampau dan masa kini, maka bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa pada hakikatnya semua masyarakat seluruh dunia pasti mengalami perubahan dan akan terus mengalami perubahan di masa yang akan datang.

Tetapi perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya tidak semua sama, ada suatu kelompok masyarakat yang proses perubahannya cepat sementara kelompok masyarakat lainnya lambat.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli
Kingsley Davis

Pengertian atau definisi perubahan sosial ada banyak, hal ini karena para ahli mempunyai pandangan tersendiri mengenai pengertian perubahan sosial. Berikut ini beberapa pandangan para ahli mengenai pengertian perubahan sosial.

  • Perubahan sosial menurut Karl Marx
    Karl Marx memberikan pendapat bahwa perubahan-perubahan yang berlangsung oleh sebab kekuatan produktif atau perkembangan teknologi dan adanya perubahan pada kelas-kelas sosial.
  • Kingsley Davis
    Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada fungsi dan struktur masyarakat.
  • William F. Ogburn
    Disebutkan oleh William F. Ogburn bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang memiliki cakupan unsur-unsur kebudayaan, baik immaterial maupun material, dimana lebih ditekankan adanya pengaruh yang besar pada unsur-unsur kebudayaan  material kepada unsur-unsur immaterial.
  • Samuel Koening
    Samuel Koening memberikan pengertian mengenai perubahan sosial, yang menurutnya merupakan sebuah modifikasi pada pola kehidupan di masyarakat.
  • Mac Iver
    Pengertian perubahan sosial menurut Mac Iver adalah perubahan-perubahan yang dialami pada kehidupan sosial atau perubahan pada keseimbangan hubungan sosial (ekuilibrium).
  • Glin
    Menurut Glin, perubahan sosial adalah perubahan yang dialami sebagai sebuah variasi pada cara hidup yang telah diterima sebelumnya karena terjadinya perubahan komposisi penduduk, kondisi geografi, ideologi, kebudayaan material maupun karena adanya penemuan-penemuan baru.
  • Selo Soemardjan
    Menurut Selo Soemardjan, pengertian perubahan sosial adalah semua perubahan di berbagai lembaga masyarakat pada sebuah lingkungan masyarakat yang memiliki pengaruh kepada sistem sosial, termasuk di dalamnya pola perilaku, nilai sosial, sikap, dan pola hubungan antara kelompok masyarakat.

Baca juga: Kekerasan pada Anak

Nah, demikianlah pengertian perubahan sosial, semoga menambah wawasan kita.

Tinggalkan komentar