Pengertian Planet, Ciri-ciri dan Pengelompokannya

PENGERTIAN PLANET – Planet adalah suatu benda langit yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, gelap dan bergerak beredar mengelilingi matahari sebagai sebuah bintang sejati. Pada urutan dari jarak yang terjauh hingga terdekat dari matahari, planet-planet yang diakui saat ini adalah Neptunus, Uranus, Saturnus, Jupiter, Mars, Bumi, Venus, dan Merkurius.

Pengelompokan Planet

Pengelompokan Planet
ruanasagita.blogspot.co.id

Ada 3 metode yang biasa digunakan dalam mengelompokkan planet-planet. Pertama, yakni mengelompokkan planet dengan menggunakan lintasan asteroid menjadi pembatasnya. Cara ini akan membagi dua kategori planet-planet, yakni planet dalam dan planet luar.

Planet dalam terdiri atas Mars, Bumi, Venus, dan Merkurius. Sementara itu planet luar terdiri dari Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter.

Cara pengelompokan kedua adalah dengan planet bumi sebagai pembatasnya, hasil pengelompokan ini juga terdiri atas dua kelompok, yakni planet superior dan planet inferior. Planet superior merupakan planet dimana orbitnya berada di luar orbit planet bumi ketika mengelilingi matahari. Sedangkan planet inferior merupakan planet yang orbitnya berada pada bagian dalam orbit bumi pada saat mengitari matahari.

Planet yang termasuk kelompok planet superior adalah Neptunus, Uranus, Saturnus, Jupiter, dan Mars. Sedangkan planet yang masuk dalam kategori planet inferior adalah planet Venus dan Merkurius.

Kemudian cara pengelompokan planet yang ketiga yakni berdasarkan komposisi penyusun dan ukurannya, yakni terdiri atas terrestrial planets (planet kebumian) dan major planets (planet besar). Terrestrial Planet terdiri atas Mars, Bumi, Venus, dan Merkurius. Sedangkan Major Planets terdiri atas planet Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter. Semua planet mengitari matahari pada sebuah elips raksasa.

Ciri-ciri Planet

Ciri-ciri Planet
cnn.com

Planet memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan benda langit lain. Berikut ini ciri dan hal penting lain dari planet.

  • Umumnya planet memiliki satelit (benda langit penggiring) atau bulan
  • Planet berputar pada porosnya (melakukan rotasi) dan berevolusi (beredar mengelilingi matahari), semakin jauh jarak dari matahari maka semakin lama waktu beredarnya.
  • Bidang lintasan planet memiliki bentuk elips (lonjong) dan hanya membentuk sudut inklinasi (sudut-sudut yang kecil) pada bidang ekliptika.
  • Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri, namun hanya memantulkan cahaya yang diterima dari matahari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian planet, ciri-ciri dan pengelompokannya, semoga menambah wawasan kita.

Tinggalkan komentar