6 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi – Secara umum, populasi dapat diartikan sebagai cakupan wilayah generalisasi yang terdiri dari subjek/objek yang memiliki kualitas dan juga karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti supaya dipelajari dan ditarik kesimpulannya.

Selain itu, populasi juga dapat diartikan sebagai jumlah penduduk. Arti ini merujuk pada asal kata populasi yang berasal dari bahasa Inggris yaitu population yang artinya jumlah penduduk. Berikut ini beberapa pengertian lain tentang populasi menurut para ahli.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

populasi adalah
voanews.eu

Populasi mempunyai beberapa pengertian yang telah dirumuskan oleh beberapa ahli seperti Ismiyanto, Furchan, Nazir, Hadari Nawawi, Sugiyono, dan Suharismi Arikunto. Berikut ini pengertian lengkapnya.

1. Pengertian Populasi Menurut Ismiyanto

Menurut Ismiyanto, populasi sebagai keseluruhan subjek untuk penelitian yang dapat berupa orang, benda, ataupun hal lain yang di dalamnya dapat diperoleh berbagai data berupa informasi dalam penelitian.

2. Pengertian Populasi Menurut Furchan

Menurut Furchan, populasi adalah objek baik sebagian ataupun seluruh dari kelompok orang. Dapat juga berupa kejadian yang telah selesai dirumuskan oleh peneliti secara rinci.

3. Pengertian Populasi Menurut Nazir

Menurut Nazir, populasi adalah sekumpulan individu yang memiliki kualitas dan juga karakter yang telah ditetapkan oleh peneliti. Salah satu ciri atau kualitas tersebut biasanya dinamakan variabel. Nazir juga membagi populasi menjadi dua, yaitu populasi infinit dan populasi finit.

4. Pengertian Populasi Menurut Hadari Nawawi

Populasi adalah keseluruhan dari berbagai objek penelitian yang terdiri dari gejala-gejala, peristiwa, tumbuhan, benda-benda, hewan, manusia, atau juga nila tes sebagai sumber dari data yang memiliki karakteristik tertentu dalam sebuah penelitian.

5. Pengertian Populasi Menurut Sugiyono

Populasi adalah wilayah dari faktor generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai karakter dan juga kualitas tertentu yang ditetapkan dari seorang peneliti supaya dipelajari dan  kemudian ditarik kesimpulannya.

6. Pengertian Populasi Menurut Suharsimi Arikunto

Populasi adalah keseluruhan dari objek atau subjek penelitian. Catatannya adalah, jika peneliti ingin meneliti seluruh elemen yang berada dalam wilayah penelitiannya, maka seluruh hal tersebut merupakan bagian dari penelitian populasi.

Tinggalkan komentar