in

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli 
amazonaws.com

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI – Pengertian Sejarah secara umum adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang telah disusun sesuai dengan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa.

Secara singkat, pengertian sejarah merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang meneliti segala peristiwa dan kejadian yang sudah terjadi pada masa lalu di dalam kehidupan manusia.

Sejarah dalam bahasa Yunani diambil dari kata Historia yang mempunyai arti penyelidikan atau juga pengetahuan yang telah diperoleh lewat penelitian yang mendalam.

Sedangkan sejarah menurut bahasa Arab berasal dari kata syajaratun yang memiliki arti pohon bercabang-cabang. Hal ini karena sejarah bisa kembang antara satu point kejadian yang bercabang ke point kejadian yang lain terus saling berhubungan.

Menurut bahasa Jawa, kata sejarah berasal dari badad yang memiliki arti riwayat, sejarah atau bisa berarti memotong tumbuhan dengan bilah pisau sehingga terang.

Dalam bahasa Inggris, sejarah berawal dari kata Historis yang memiliki arti masa lampau, maksudnya masa lampau dari umat manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli 
amazonaws.com

1. Aristoteles: Menurut Aristoteles, sejarah adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. serta menurut Aristoteles bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

2. J.V. Bryce: Menurut J.V. Bryce, bahwa pengertian sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

3. W.H. Walsh: Pengertian sejarah menurut W.H. Walsh yang mengartikan sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia.

Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga meurpakan cerita yang berarti.

4. Muhammad Yamin: Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan

5. Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu sebagai masalah.

Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

6. Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang erjadi di masa lampau.

Itulah Pengertian sejarah menurut para ahli, semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gambar atom

Teori Atom Dalton dan Thomson, Penjelasan dan Perbadinganya

Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Kakak, Adik, Teman