Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Komponen, dan Fungsinya

Pengertian Sistem Informasi – Secara garis besar, sistem informasi berarti adalah sebuah sistem yang dilakukan dalam menyediakan informasi ketika hendak mengambil keputusan untuk manajemen dan dalam rangka menjalankan operasional dan prosedur yang terorganisir.

Sistem informasi bertujuan untuk menjaga tercapainya pesan atau informasi dari seseorang atau kelompok kepada pihak lain. Berikut ini penjelasan beberapa pakar tentang pengertian  sistem informasi.

Artikel kali ini akan membahas pengertian sistem informasi, ciri-ciri sistem informasi, komponen, dan juga fungsi dari sistem informasi itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya tentang pengertian sistem informasi dan hal lain yang saling berkaitan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

informasi berlebihan dari internet
voaindonesia.com

Beberapa ahli telah mengemukakan pendapat tentang pengertian sistem informasi. Contohnya adalah Alter, Henry Lucas, John F Nash, dan Robert A Leitch.

  • Alter: sistem informasi adalah sistem sebagai bagian khusus dari sistem kerja ketika manusia atau mesin melaksanakan pekerjaannya menggunakan sumber daya untuk memproduksi barang atau jasa tertentu yang ditujukan untuk pelanggan atau pengguna.
  • Henry Lucas: pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas adalah sebuah kegiatan dari berbagai prosedur yang terorganisisir. Jika sistem tersebut dilaksanakan, maka akan tersedia informasi yang dapat mendukung terwujudnya pengendalian dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu.
  • John F Nash: pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari beberapa manusia, alat teknologi atau fasilitas, media, pengendalian dan prosedur tang tujuannya menata jaringan komunikasi yang terstruktur, berkesinambungan, dan mempunyai sebuah aturan baku. Tujuannya adalah supaya dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pada pemakai data ekstern dan intern.
  • Robert A Leitch: pengertian sistem informasi menurut Robert A Leitch adalah sebuah sistem di dalam suatu organisasi yang menjadi sarana untuk mempertemukan kebutuhan transaksi harian dan hal yang mendukung operasi perusahaan, orang, atau organisasi. Hal ini bersifat manajerial dengan kegiatan berupa penyediaan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak yang bersangkutan.

Jika pengertian di atas kurang jelas karena diambil dari ilmuwan luar, pengertian secara terminologi menurut kamus bahasa Indonesia mungkin akan memberikan sedikit gambaran tentang pengertian sistem informasi.

Secara bahasa, sistem berarti kumpulan orang yang saling melakukan kerja sama dengan melakukan berbagai ketentuan dari aturan yang sifatnya sistematis dan terstruktur untuk membentuk sebuah kesatuan dalam melaksanakn sebuah fungsi demi tercapainya tujuan bersama.

Pengertian informasi menurut bahasa adalah data yang dapat diolah menjadi lebih berguna dan mempunyai arti bagi orang atau kelompok yang menggunakan data tersebut. mengurangi ketidakpastian dalam proses untuk mengambil keputusan dari sebuah keadaan.

Ciri-ciri Sistem Informasi

utrconf.com

Dengan mengetahui ciri-ciri sistem informasi, kalian dapat mengetahui apa saja yang termasuk atau digolongkan ke dalam sistem informasi. Berikut ini adalah beberapa ciri dari sistem informasi:

  • Baru, yaitu informasi yang disampaikan segera setelah terjadinya sebuah fakta atau kejadian sehingga informasi yang di dapatkan penerima sejalan dengan fakta yang sedang terjadi. Contohnya adalah informasi lowongan kerja dan informasi berita. Otomatis informasi yang diberikan adalah sesuatu yang baru, tidak mungkin memberi informasi lowongan kerja beberapa tahun yang lalu karena infonya sudah ketinggalan zaman.
  • Kolektif, maksudnya adalah informasi yang sifatnya mengoreksi atau mengupdate informasi yang sebelumnya telah disampaikan. Tujuannya supaya informasi tersebut sesuai dengan perubahan zaman. Contohnya informasi korban bencana pada hari senin ada 5 korban meninggal. Kemudian  pada hari selasa informasi diganti menjadi 7  orang meninggal karena ditemukan korban baru.
  • Penegas, maksudnya adalah informasi yang bisa mempertegas info yang sudah ada. Penegas ini umumnya berbentuk bukti riil. Contohnya adalah informasi bencana banjir yang disampaikan melalui pesan singkat. Penegasannya kemudian memberikan gambar, kemudian penegasan selanjutnya melalui video, dan semacamnya. Bisa saja seseorang tidak mempercayai informasi pertama, kemudian informasi semakin jelas dengan adanya gambar dan video.
  • Tambahan, yaitu informasi yang bisa diperbarui sesuai dengan data yang di dapat. Hal ini dapat memperjelas informasi yang disampaikan sebelumnya. Contohnya adalah data sensus negara Indonesia tahun 2010 adalah 256 juta jiwa (contoh). Sedangkan data tahun 2006 adalah 230 juta jiwa. Tambahan data pada kemudian hari ditemukan bahwa warga Indonesia yangmeninggal dalam kurum waktu 4 tahun ada sekian, jumlah kelahiran sekian, dan berbagai faktor yang mempengaruhi bertambahnya jumlah penduduk dicantumkan secara konkrit.

Terdapat 4 poin yang menjadi ciri sistem informasi. Ciri sistem informasi adalah bersifat baru, kolektif, penegas, dan tambahan. Jadi, jika kalian menemukan informasi yang mempunyai salah satu dari 4 ciri tersebut, maka kemungkinan itu adalah sebuah sistem informasi.

Komponen Sistem Informasi

http://www.licensingresource.co.uk/

Sistem informasi mempunyai berbagai komponen yang berfungsi dalam pembentukan sebuah informasi. Berikut ini adalah beberapa contoh yang termasuk komponen informasi.

  • Komponen input, merupakan data yang masuk untuk selanjutnya diolah di dalam sistem informasi
  • Komponen model, merupakan kombinasi logika, model matematika, dan prosedur yang tugasnya memproses data yang ada di pusat data menggunakan cara yang sudah ditentukan guna menghasilkan output informasi yang sesuai dengan keinginan
  • Komponen output, yaitu hasil dari sebuah informasi yang berkualitas dengan dokumentasi yang berguna untuk seluruh pengguna data mulai dari manajemen hingga pemakai sistem
  • Komponen teknologi, yaitu alat dalam sistem informasi berupa teknologi yang digunakan dalam menerima input, kemudian menjalankan model, dan selanjutnya menyimpan serta mengakses data. Komponen ini selanjutnya menghasilkan dan mengirimkan output dan juga memantau pengendalian sistem
  • Komponen basis data, merupakan kumpulan data yang satu sama lain saling berhubungan yang disimpan menggunakan software database di dalam sebuah komputer
  • Komponen kontrol, merupakan komponen yang bertujuan mengendalikan gangguan yang muncul untuk mengganggu sistem informasi.

Intinya, terdapat 6 komponen sistem informasi yang tentu mempunyai tugas dan bagian yang berbeda sesuai dengan tingkatan dan fungsinya. Secara garis besar, komponen-komponen sistem informasi adalah komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen basis data, dan komponen kontrol.

Fungsi Sistem Informasi

kotakinformasi.wordpress.com

Setelah mengetahui pengertian sistem informasi, ciri-ciri sistem informasi, dan komponen sistem informasi, kalian juga perlu mengetahui fungsi sistem informasi. Berikut ini beberapa hal yang termasuk sistem informasi:

  • Sistem informasi berfungsi meningkatkan aksesibilitas data yang ada supaya lebih efisien dalam penyampaiannya kepada pengguna
  • Mengembangkan berbagai proses perencanaan yang bersifat efektif
  • Menetapkan investasi yang sesuai dengan data yang arahnya untuk pengembangan sistem operasi
  • Memahami dan mengantisipasi konsekuensi ekonomi yang mungkin terjadi
  • Melakukan identifikasi kebutuhan tentang keterampilan pendukung bagi sistem informasi
  • Memberikan jaminan tersedianya kualitas dan keterampilan dalam upaya memanfaatkan sebuah sistem informasi
  • Memperbaiki produktifitas sebuah aplikasi pengembangan dan melakukan pengembangan sistem

Itulah beberapa hal yang merupakan fungsi sistem informasi. Pentingnya fungsi sistem informasi ini dapat menjadi manfaat bagi pengguna atau penyedia informasi dalam memberikan data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi.

Dengan mengetahui fungsi, komponen, ciri-ciri, dan pengertian informasi, maka kalian dapat menyesuaikan data dan sikap kalian yang sesuai untuk meningkatkan pemanfaatan sistem informasi itu sendiri.

Tinggalkan komentar