Pengertian Software Menurut Para Ahli

Sebagian besar dari kita tentu telah mengenal istilah software. Namun sebagian besar lebih sering menyebutnya sebagai aplikasi dari pada sebagai software. Aplikasi memiliki dua arti tergantung bagaimana kalimatnya. Dalam kalimat “Skripsi ini dapat di aplikasikan untuk masalah sungai di Jakarta”  dalam kalimat tersebut aplikasi berarti penerapan. Dalam kalimat “aplikasi edit foto ini menarik sekali” aplikasi berarti software.

Software dapat di terjemhkan dalam bahasa indonesia menjadi perangkat lunak. Secara umum software adalah program komputer yang menjembatani antara manusia dan perangkat keras dalam komputer. Selain sebagai penghubung, software dapat diartikan sebagai penerjemah dari user ke perangkat keras. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras, melakukan perhitungan, dan hal lain yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas manusia.

www.cadebusiness.com
www.cadebusiness.com

Secara garis besar software / perangkat lunak dibagi menjadi 5 macam yaitu :

  1. Sistem Operasi
  2. Program Aplikasi
  3. Program Tambahan
  4. Bahasa Pemrograman
  5. Program Paket

Menurut Fungsinya, Perangkat lunak dibagi menjadi 7 macam :

  1. Perangkat Lunak Sistem (System Software)
    Perangkat lunak sistem merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain.
  2. Perangkat Lunak Real-Time (Real Time Software)
    Program-program yang memonitor / menganalisis / mengontrol kejadian-kejadian yang sesungguhnya (sedang berlangsung) pada dunia disebut dengan perangkat lunak real-time.
  3. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
    Pemrosesan informasi bisnis merupakan area aplikasi yang paling luas. Aplikasi dalam area ini akan menyusun kembali struktur data yang ada dengan cara tertentu untuk memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen.
  4. Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan (Engineering and Scientific Software)
    Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan ditandai dengan algoritma number crunching. Perangkat lunak ini memiliki jangkauan aplikasi mulai dari astronomi sampai vulkanologi, dari analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat luar angkasa, dan dari biologi molecular sampai pada pabrik yang sudah diotomatisasi.
  5. Perangkat Lunak Embedded (Embedded Sofware)
    Embedded software ada dalam real-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil serta system untuk keperluan konsumen dan pasar industri.
  6. Perangkat Lunak Komputer Personal (Personal Computer Software)
    Pasar perangkat lunak komputer personal telah berkembang selama decade terakhir. Pengolahan kata, spreadsheet, grafik komputer, multimedia, hiburan, manajaemen database, aplikasi keuangan bisnis dan personal, jaringan eksternal atau akses database merupakan beberapa contoh yang dapat
    disebutkan.
  7. Perangkat Lunak kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence Sofware{AI})
    Perangkat lunak kecerdasan buatan (Artifical Intelligence Sofware{AI}) menggunakan algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung. Area kecerdasan buatan yang aktif adalah sistem pakar (expert system), sering disebut dengan sistem berbasis ilmu pengetahuan.

Untuk lebih mengenal tentang software, berikut ini ada beberapa pengertian software menurut para ahli:

  1. Wilman dan Riyan berpendapat bahwa software memiliki pengertian sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menjalankan komponen-komponen perangkat keras komputer. Software mempunyai sifat maya yang artinya software tidak dapat terlihat namun bisa dirasakan keberadaannya.
  2. Wiwit Siswoutomo mengatakan bahwa software itu merupakan suatu nyawa bagi komputer. Tanpa adanya software komputer hanyalah sebuah benda mati yang tidak mempunyai fungsi apa-apa.
  3. Roger S. berpendapat bahwa pengertian software adalah suatu perangkat lunak yang bisa memberikan perintah kepada program yang ada dalam komputer yang mana bila digunakan oleh si user, perangkat tersebut bisa memberikan fungsi dan kerja sesuai yang diinginkan oleh si pengguna.
    Definisi Roger tersebut memiliki makna bahwa software mempunyai fungsi memerintah komputer, agar computer bisa berfungsi dengan optimal sesuai dengan apa yang diinginkan si pengguna yang memberikan perintah kepadanya.
  4. Menurut Melwin software merupakan sebuah perangkat yang mengatur semua aktivitas yang dijalankan oleh sebuah komputer sesuai dengan instruksi si pengguna.
  5. Wahana Komputer berpendapat bahwa software merupakan suatu perangkat lunak komputer yang berfungsi mengontrol dan mengatur manajemen hardware. Selain itu software dalam komputer mencakup sistem aplikasi dan sistem operasi komputer.
  6. Ahli lainnya, Fauziah berpendapat bahwa software merupakan program untuk menginput data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh hasil dari data tersebut dan presentasi serta memanipulasi data dalam komputer.
  7. Yang terakhir, ITL Education Solutions Limited berpendapat bahwa software yang mempunyai tanggung jawab penuh terhadap pengendalian, pengintegrasian dan pengelola hardware dari komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Tinggalkan komentar