Apa Pengertian Sosialisasi? Temukan Jawabannya Disini

PENGERTIAN SOSIALISASI – Sobat satujam.com pasti gak asing dengan kata sosialisasi kan? Arti sosialisasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah suatu usaha yang dilakukan tujuannya agar mengubah suatu milik individu menjadi milik orang ramai (milik negara) atau bisa juga dimaknai sebagai proses belajar seseorang yang merupakan anggota masyarakat untuk mengenal serta menghayati kebudayaan dalam lingkungannya atau suatu usaha untuk memasyarakatkan sesuatu agar menjadi dikenal, dipahami, dihayati oleh masyarakat umum atau pun masyarakat luas.

Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi
parararam.com

Secara umum sosialisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses belajar yang dilakukan oleh seorang individu agar berprilaku sesuai batasan-batasan yang sudah ada serta pada masyarakat sudah diakui.

Bisa juga sosialisasi itu diartikan sebagai suatu proses pada hidup seseorang individu agar memahami dan mempelajari beraneka ragam kebiasaan, seperti halnya cara hidup, nilai-nilai dan norma-norma sosial yang ada pada masyarakat dengan tujuan agar bisa diterima oleh masyarakat. Dengan adanya proses ini seseorang individu dapat mengadopsi kebiasaan, sikap ataupun ide orang lain yang pada akhirnya bisa dipercaya dan diakui.

Sedangkan arti sosialisasi dalam arti sempit adalah seuatu proses pembelajaran yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan agar mengenal lingkungan sekitarnya entah itu lingkungan fisik ataupun lingkungan sosial.

Pengenalan lingkungan dilakukan seseorang individu tujuannya agar dirinya dapat menyesuaikan terhadap lingkungan yang ada, sehingga nantinya dapat membekali dirinya pada pergaulan yang luas.

Dan sosialisasi dalam arti luas yaitu suatu proses interaksi dan juga pembelajaran seorang individu yang dimulai saat dia lahir sampai meninggal dalam suatu kebudayaan masyarakat. Jadi seorang bayi yang baru lahir-pun akan melakukan proses sosialisasi.

Misalnya saja diawali dengan mengenal lingkungannya yang ada didekatnya, lingkungan yang paling dekat itu bisa berupa keluarga. Dan seiring dengan waktu yang ada, proses sosialisasinya ini pun semakin menjadi luas hingga mengenal lingkungan masyarakat atau lingkungan yang lebih dari masayarakat.

Jika seseorang itu sudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya., berarti dia dapat dikatakan sebagai orang yang sudah berhasil dan mampu bersosialisi.

Sehingga nantinya mereka yang berhasil bersosialisai, dapat masuk kefase sealnjutnya, seperti menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan yang terdapat pada masyarakat, itu semua tentunya dapat dimulai dari lingkungan yang paling dekat, seperti keluarga baru kemudian menuju lingkungan yang lebih luas lagi yaitu lingkungan masyarakat.

Keberhasilan dalam menerima ataupun menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, pastinya akan menjadikan seorang individu merasa jika dirinya merupakan bagian dari keluarga dan juga masyarakat.

Tinggalkan komentar