9+ Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Secara etimologi, asal kata sosiologi dari bahasa latin yaitu socius yang memiliki arti teman. Dan dari bahasa yunani yaitu logos yang memiliki arti kata, perkataan atau pembicaraan. Jadi makna sosiologi secara harfiah adalah memperbincangkan atau membicarakan teman seprgaulan.

Sosiologi juga bisa diartikan sebuah ilmu yang membahas tentang masalah-masalah sosial. Lalu apa pengertian sosiologi menuruy para ahli? Di bawah ini pejelasan mengenai pengertian sosiologi menurut para ahli.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli
thetanjungpuratimes.com
  1. Pengertian sosiologi menurut Aguste Comte adalah sebuah study postitif mengenai hukum-hukum dasar dari bermacam gejala social yang dibedakan menjadi sosiologi dinamis dan statis.
  2. Pengertian sosiologi menurut Roucek dan Warren adalah sebuah ilmu yang membahas hubungan antara seorang manusia atau kelompo.
  3. Pengertian sosialisasi menurtut Pitirim A. Sorokin adalah ilmu yang membahas hubungan dan segala pengaruh timbal blik diantara berbagai macam gejala sosial (misal gejala ekonomi, moral, dan keluarga).
  4. Pengertian sosiologi menurut Emile Durkhem ialah sebuah ilmu yang membahas segala fakta sosial, yaitu fakta yang terdapat cara bertindak, berprasaan, berpikir yang berada pada luar individu yang mana setiap fakta tersebut mempunyai kekuatan guna mengendalikan individu.
  5. Pengertian sosiologi menurut Selo Sumardja dan Soelaeman Soemardi ialah ilmu kemasyarakatan yang membahas tentang struktur sosial dan segala proses sosial termasuk juga perubahan sosial.
  6. Pengertian sosiologi menurut Mayor Polak adalah ilmu pengetahuan yang membahas masalah kemasyarakatan secara kesemuanya yaitu membahas hubungan antara satu manusia dan manusia yang lainnya, manusia dengan perkelompok, kelompok dengan kelompok lainnya.
  7. Pengertian sosiologi menurut Hassan Shandily adalah ilmu yang membahas masalah hidup bersama pada masyarakat dan menyidik mengenai ikatan-ikatan antar manusia yang berkuasa akan kehidupan dengan cara mencoba untuk mengerti sifat dan maksud akan hidup bersama, berubahnya segala perserikatan hidup, dan juga kepercayaan.
  8. Pengertian sosiologi menurut Max Weber adalah ilmu yang membahas mengenai pemahaman tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial merupakan tindakan yang dikerjakan dengan pertimbangan dan orientasinya pada prilaku orang lain.
  9. Pengertian sosiologi menurut Allan Jhonson adalah ilmu yang membahas mengenai kehidupan dan prilaku, yang paling utama kaitannya demgan sebuah sistem sosial dan bagaimana sistem itu mempengaruhi orang dan juga bagaimana orang yang ikut terlibat di dalamnya bisa mempengaruhi sitem tersebut.

Tinggalkan komentar