Pengertian Sumber Daya Alam Beserta jenis dan Contohnya

PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM – Untuk kebutuhan hidup terpenuhi, manusia dan mahluk hidup yang lainya menggunakan bermacam-mcam sumber daya alam yang tersedia.

Misalnya untuk makan, kita memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan dan hewan, untuk bisa berkendara, kita membutuhkan bahan bakar bensin sebagai sumber energi dari hasil penambangan minyak bumi.

Di atas merupakan contoh kecil hasil dari sumber daya alam yang yang bisa kita manfaatkan. Langsung saja kita masuk kepembahasan inti yaitu pengertian sumber daya alam:

Pengertian Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam
fangean303.blogspot.com

Berdasarkan contoh di atas, bisa kita simpulkan bahwa pengertian dari sumber daya alam ialah segala sesuatu yang sudah tersedia di alam dan bisa digunakan manusia guna memenuhi keperluan hidupnya.  Sumber daya alam juga bisa diartikan sesuatu yang bersumber atau dihasilkan dari alam dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan manusia yang menjadikan kualitas hidup manusia lebih baik.

Sumber daya alam bisa dibedakan dengan berdasarkan beberapa karakter, diantara lain berdasarkan asal, penggunaannya dan sifat keterbaruan.

Jenis-jenis Dari Sumber Daya Alam Berdasarkan Keterbaruannya

Pengertian Sumber Daya Alam
sullivanlacrosse.com

Jenis ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Berikut ini copntoh dari kedua jenis tersebut:

  • Maksud sumber daya alam yang bisa diperbaharui adalah segala sember daya alam yang tidak bakal habis walaupun dipergunakan secara terus menerus, dikarenakan sumber daya ini bisa diperbaharui, dibuat kembali atau didaur ulang. Adapun contoh dari jenis ini antara lain ialah tumbuhan, hewan, air, hasil hutan dan masih banyak lagi.
  • Maksud sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui ialah setiap sumber daya yang akan habis apabila dipergunakan secara terus menerus, karena ketersediaan di alam terbatas dan tidak dapat diperbaharui, dibuat kembali atau didaur ulang. Adapun contoh diri jenis ini adalah bahan tambang semisal besi, perak, emas tembaga, nikel, dan minyak bumi seperti gas alam, minyak tanah, solar, dan bensin.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya

Pengertian Sumber Daya Alam
xmosmanderesik.wordpress.com

Sumber daya alam jenis ini bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu jenis sumber daya alam hayati dan non hayati. berikut pengertian dan contoh dari kedua jenis itu:

  • Maksud dari sumber daya alam hayati ialah setiap sumber daya alam yang asalnya dari mahluk hidup. Contohnya adalah susu, daging, telor, kayu, sayur, buah, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.
  • Maksud dari sumber daya alam non hayati ialah sumber daya alam yang asalnya bukan dari mahluk hidup. Contohnya adalah bahan tambang, sinar matahari, udara, minyak bumi, dan lain-lainnya.

Tinggalkan komentar