Pengertian Sungai Lengkap dengan Jenis-jenisnya

PENGERTIAN SUNGAI – Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau, selain dari banyaknya pulau, Negara Indonesia juga memiliki banyak sungai yang terbentang luas di daerah Indonesia. Sungai juga dijadikan oleh warga sebagai tempat untuk melakukan sebuah kegiatan kegiatan seperti halnya mencuci, mengalirkan air ke sawah dan melakukan berbagai macam kegiatan-kegiatan lainnya.

Pada kesempatan kali ini satujam.com akan memberikan sebuah penerangan tentang pengertian sungai. Baiklah, yuk langsung saja kita simak artikel dibawah ini secara bersamaan.

Pengertian Sungai

pengertian sungai
aqieb.com

Sungai ialah air tawar yang berasal dari sumber alam yang mengucur dari tempat ketinggia kepada tempat yang lebih pendek kemudian menuju ke danau, laut atau menuju kepada sungai yang lebih besar. Aluran arus air di bagian kepala sungai (biasanya letak posisinya terletak di wilayah pegunungan) umumnya aliran air sungai yang terletak di hulu sungai lebih deras alirannya dibandingkan dengan aliran arus sungai di bagian hilir.

Aliran air sungai itu sering sekali berliku-liku karena sering terjadinya metode-metode pengikisan atau erosi dan sedimentasi atau pengendapan di sepanjang sungai. Sungai juga merupakan jalan air alami. yang mana air tersebut mengalir menuju Samudera yang luas, laut, danau, atau mengalir ke sungai yang lainnya.

Selain dari itu, Sungai juga merupakan salah satu dari bagian-bagian peredaraan atau siklus hidrologi.

Dengan melewati sungai itulah merupakan sebuah cara yang sangat biasa bagi air hujan yang turun ke bumi dan ke daratan untuk mengalir ke samudra atau mengalir menuju tampungan air yang besar, misalakan contohnya itu seperti danau.

Biasanya air yang berada di dalam Sungai terkumpul dari presipitasi, seperti embun, air hujan, mata air, limpasan-limpasan dibawah tanah, dan ternyata di terdapat di beberapa negara tertentu bahwa air sungai itu berasal dari lelehan es atau es yang mencair.

Sungai juga terdiri dari beberapa bagiannya, dimulai dari mata air yang mengalir menuju anak sungai dan lain sebagainya. Survey mengatakan bahwa dari Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membuat sungai utama. Biasanya Aliran air berhadapan dengan saluran, berhadapan dengan dasar serta tebing yang berada di sebelah kiri dan kanan.

Penutup atau penghujung sungai ialah di mana sungai berjumpa dengan laut yang dikenali oleh orang-orang sebagai muara sungai.

______________________________________________

Demikianlah postingan kali ini yang membahas tentang pengertian sungai, semoga bermanfaat yah untuk teman-teman, dan jangan lupa untuk memberi komentarnya yah. Terimakasih telah berkunjung dan membaca 🙂

Tinggalkan komentar