Pengertian Tata Surya | Susunan Planet dan Bumi

PENGERTIAN TATA SURYA – Tata surya ialah susunan benda-benda langit atau objek yang bekerja melingkari matahari sebagai pusatnya. Objek-objek tersebut ialah 8 buah planet yang telah diketahui dengan lintasan yang berbentuk elips.

Oh iya, apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang Pengertian Tata Surya? Jikalau diantara kalian ada beberapa yang belum mengetahui atau belum paham tentang tata surya, maka adanya artikel ini sangat cocok sekali untuk menambah sebuah wawasan untuk kita semua.

Yuk, langsung saja kita simak tulisan dibawah ini yang menerangkan tentang pengertian tata surya. Baca baik-baik ya 🙂

Pengertian Tata Surya

pengertian tata surya
ahdaluthfi.files.wordpress.com

Tata surya merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam bagian alam semesta yang amat begitu luas. Tata surya sendiri posisinya terletak di dalam salah satu sebuah galaksi dari sekian banyaknya galaksi yang yang berada di area angkasa, yakni galaksi Bimasakti namanya.

Awal mula kata Bimasakti ini berasal dari tokoh-tokoh pewayangan yang mempunyai kulit tubuh yang berwarna hitam. Adanya Hal ini dikarenakan orang Jawa Kuno memandang bintang-bintang yang ada di wilayah langit yang menggambarkan Bima yang sedang dililit oleh ular naga.

Bentuk tata surya terpapar menjadi beberapa bagian yakni terdiri dari matahari, 4 planet dalam, 4 planet luar, main asteroid belt (sabuk asteroid), dan dibagian luarnya terdapat sabuk Kuiper. Hanya enam saja dari delapan planet itu yang mempunyai satelit alami, dengan sebaliknya 2 lainnya yakni Merkurius dan Venus tidak mempunyai satelit alami tidak seperti planet-planet lainnya.

Pusat Tata Surya

pengertian tata surya
bisakali.net

Matahari ialah meruapakan sebuah bintang tata sura dengan komposit yang begitu berat yaitu bisa menggapai 300.000 kali komposit bumi dan jaraknya pun paling dekat dengan posisi bumi. Matahari ialah bukan termasuk dengan bintang yang paling besar apabila dibandingkan dengan miliyaran bintang-bintang lainnya.

Walupun seperti itu matahari ialah tetap menjadi bintang yang paling besar didalam komposisi tata surya. Besarnya garis tengah matahari ialah 1.4000.000 KM yakni kurang lebih jaraknya sekitar 110 kali dengan ukuran bumi. Sebaliknya jarak antara bumi dan matahari ini ialah 149.000.000 KM atau kerap dipaskan menjadi 150 juta KM.

Jarak yang sangat jauh bukan?

Planet-planet yang berada di wilayah tata surya selalu bergerak melintari matahari, mengapa? Karena adanya gaya gravitasi matahari. Besarnya dari gaya gravitasi matahari ini adalah 28 kali lebih kuat dan lebih berpengaruh apabila dibandingkan dengan kekuatan gaya gravitasi pada bumi.

________________________________________

Nah, itulah artikel yang menjelaskan tentang pengertian tata surya yang, mudah-mudahan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa juga untuk menambah wawasan lebih. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jangan lupa di share juga yah 🙂

Tinggalkan komentar