Penjelasan Mengenai Pengertian Variabel Penelitian

PENGERTIAN VARIABEL PENELITIAN РPenelitian merupakan sebuah proses mencari tahu tentang sesuatu menggunakan sistem ataupun secara sistematis dalam jangka waktu yang cukup lama dengan memakai aturan-aturan yang berlaku serta metode ilmiah.

Agar seluruh proses penelitian akan berjalan lancar dan bisa berhasil dengan baik maka peneliti ditekankan untuk membuat suatu rancangan penelitian. Dalam hal menentukan suatu rancangan penelitian, hal yang wajib untuk diingat yaitu semua komponen penelitian itu harus terjalin secara tertib dan serasi.

salah satu komponen dari beberapa komponen penelitian yang memiliki arti penting yang mempunyai kaitannya dengan proses studi secara komprehensif yaitu variabel penelitian. Variabel adalah atribut sekaligus objek yang menjadi titik perhatian dalam suatu penelitian. Komponen yang dimaksud penting dalam inferensi suatu penelitian atau menarik kesimpulan.

Terdapat beberapa jenis variabel dalam penelitian. Beberapa variabel yang dimaksu yaitu diantaranya: variabel terikat dan variabel bebas, variabel atribut dan variabel aktif, variabel kontinu serta variabel kategori termasuk pun variabel laten. Disamping itu syarat atau kriteria sebuah variabel yang baik dalam pengembangannya harus dimengerti dan dipahami dengan baik sehingga menjadi dasar pengembangan dan indentifikasi variabel-variabel penelitian.

Pengertian Variabel Penelitian

pengertian variabel penelitian
eurapendidikan.com

Variabel adalah sesuatu yang menjadi sebuah objek pengamatan penelitian, seringkali pun disebut sebagai faktor yang memiliki peran dalam gejala yang akan teliti atau penelitian. Berdasarkan Kerlinger (2006: 49), variabel merupakan suatu sifat atau konstruk yang akan dipelajari yang memilki nilai yang bervariasi. Kerlinger pun menyatakan bahwa variabel merupakan lambang/simbol yang padanya kita letakan sebarang bilangan atau nilai.

Berdasarkan Sugiyono (2006: 60), variabel merupakan segala hal yang berbentuk apa saja yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga didapatkan informasi mengenai hal tersebut, lalu ditarik kesimpulannya.

Berdasarkan Suharsimi Arikunto (1998: 99), variabel penelitian yaitu suatu objek penelitian atau apa yang menjadi perhatian sebuah titik perhatian dalam suatu penelitian.

Di luar dari pendapat para ahli di atas maka bisa disimpulkan bahwasanya variabel penelitian yaitu sebuah sifat atau atribut atau nilai faktor, orang perlakuan terhadap kegiatan atau objek yang memiliki variasi tertentu yang telah ditetap oleh peneliti yang bertujuan untuk dipelajari serta kemudian ditarik kesimpulannya.

Sekian sedikit pembahasan mengenai pengertian variabel penelitian. Semoga dapat bermanfaat.