in

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

pengertian wawasan nusantara
evievaniii.blogspot.com

PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA – Kondisi obyektif geografi nusantara yang merupakan kumpulan berbagai macam pulau yang terbentang di khatulistiwa dan terletak pada posisi strategis, sehingga menjadikan watak dan karakteristiknya amat berbeda dengan negara lain.

Mendapatkan posisi strategis akan menjadi sesuatu yang tidak ada nilainya apabila kondisi atau keadaan suatu lingkungan tidak dibarengi dengan persatuan bangsa dan wilayah negara.

Pengertian Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara
evievaniii.blogspot.com

Pengertian secara etimologis adalah cara pandang dan sikap yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan bangsa Indonesia. Istilah ini berasal dari kata wawas (Bahasa Jawa) yang mempunyai arti “pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi”.

Kemudian belakang dari kata tersebut ditambahkan an” sehingga berarti cara melihat atau tinjau. Dan kata Nusantara sendiri juga terdiri dari dua kata “nusa” (pulau / kesatuan kepulauan) sedangkan “antara” (letak antara dua benua dan dua samudera).

Jika dua kata tersebut digabungkan menjadi nusantara maka mempunyai arti kesatuan kepulauan yang terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia juga dua Samudera Hida dan Pasifik.

Untuk lebih jelasnya masri kita simak beberapa pengertian menurut para ahli terkemuka.

Prof. Dr. Wan Usman

Menurut Prof. Usman, yang dimaksud wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia perihal diri sendiri dan tanah airnya sebagai kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang amat beragam.

Kel. Kerja LEMHANAS

LEMHANAS merupakan singkatan dari (Lembaga Pertahanan Nasional) mengemukakan bahwa yang dimaksud wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang bermacam-macam dan nilainya strategis dengan mengedepankan persatuan serta kesatuan bangsa dan wilayah bernegar guna mencapai tujuan nasional.

Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 (GBHN)

Dalam hal ini wawasan nusantara diartikan sebagai suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengedepankan persatuan dan juga kesatuan bangsa, wilayah dalam menjalankan kehidupan di masyarakat, berbangsa,  bernegara demi mencapai suatu tujuan nasional.

Wawasan nusantara ini merupakan hal yang penting untuk diketahui dan perlu diadakan dengan tujuan mewujudkan nasionalisme dengan mengedepankan kepentingan nasional dari kepentingan individu, kelompok, suku, atau daerah. Semua kepentingan tersebut akan tetap dihargai selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telinga Tengah

Struktur Telinga Dalam, Tengah dan Luar Beserta Gambar

Perbedaan Visi dan Misi serta Penjelasannya