3 Anak Kecil ini Berhasil Meraih Prestasi Menjadi Penghafal Quran Termuda di Dunia

Banyak hafizh-hafizh muda yang sudah ada sejak zaman sahabat Nabi dulu. Kebanyakan dari mereka menghafalkan Al-Quran saat usia mereka masih remaja atau bahkan sebelum baligh.

Ada juga ulama besar yang hafal al-Quran sejak kecil, contohnya adalah Imam Syafi’i dan Imam Ath-Thabrani. Kedua ulama tersebut berhasil menghafalkan Al-Quran pada usia 7 tahun.

Namun pada zaman yang modern ini dengan kemajuan teknologi semakin canggih, tidak sedikit anak-anak muslim yang hafal Al-Quran lebih dini. Dari sekian banyak anak di dunia yang hafal Al-Quran, ada 3 bocah kecil yang bisa meraih prestasi sebagai hafizh dan hafizhah termuda di Dunia.

 

Tabarak

kmamesir.org
kmamesir.org

Tabarak lahir pada tanggal 20 Dzulhijjah 1423 H atau dalam hitungan masehi yaitu tanggal 22 Februari 2003. Tabarak mulai belajar menghafalkan Al-Quran sejak usia 3 tahun. Dengan Usaha yang keras dan diiringi dengan doa akhirnya ia dapat menyelesaikan hafalan 3o juz pada usia 4,5 tahun.

Tabarak saat itu mengikuti ujian hafalanya di Jeddah yaitu al Jamiyyah al Khairiyah li Tahfizh al Qur’an al Karim dan dan al Hai’ah al ‘Alamiyah li Ta’lim al Qur’an al Karim milik Rabithah al ‘Alam al Islami.

Alhamdulillah, pada akhirnya ia dinyatakan lulus dengan meraih predikat mumtaz (cumlaude) dan berhasil memecahkan rekor hafizh termuda yang di dunia yang sebelumnya diraih oleh Muhammad Ayyub dari Tajikistan.

Tabarak berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz pada usia 4,5 tahun, sedangkan Muhammad Ayyub hafal 30 juz pada usia 5 tahun.

Yazid Tamamuddin

ppmimesir.org
ppmimesir.org

Yazid Tamamuddin juga mengikuti jejak Tabarak. Ia juga mengikuti ujian yang dilakuakan oleh dua lembaga yang sama dan berhasil meraih predikat mumtaz. Sama seperti halnya tabarak, Yazid juga berhasil menyelesaikan hafalanya pada usia yang sangat muda yaitu usia 4,5 tahun.

Walaupun Yazid dan Tabarak sama-sama mendapatkan predikat mumtaz. Namun nilai yang didapat oleh Yazid lebih tinggi 5 poin dari yang diraih oleh tabarak. Nilai yang diraih Yazid adalah 95 sedangkan Tabarak 90.

Zeenah el Laboody

raka-syihab.blogspot.com
raka-syihab.blogspot.com

Tidak lama kemudian sekitar satu tahun, Zeenah juga berhasil meraih prestasi sebagai hafizhah termuda. Ia berhasil menghafal al-quran 30 juz pada usia kurang dari 5 tahun.

Yang lebih istimewa lagi, ketiga hafidz termuda di dunia ini adalah kaka beradik. Hafidz dan Hafizhah tersebut merupakan pasangan dari Dr Kamil al Laboody dan Dr Rasya Abdul Mun’im al Gayyar yang berasal dari Tanta, Mesir. Keduanya menjadi dosen dan tinggal di Jeddah, Arab Saudi.

Video Penghafal Quran Termuda di Dunia


Nabi Muhammad saw bersabda:

“Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan beramal dengan apa yang terkandung dalamnya maka kedua dua ibu bapaknya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang sinar mahkota itu akan melebihi daripada cahaya matahari, walaupun matahari itu berada didalam rumah-rumah kamu di dunia ini” (Hadist Riwayat Ahmad dan Abu Daud).

Tinggalkan komentar