Inilah 3 Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA – Sejak kebudayaan dan agama islam masuk ke negara Indonesia, terjadilah proses Islamisasi terhadap masyarakat di nusantara. Bersamaan dengan proses itu, mulailah terjadi perubahan sosial budaya ke arah pembentukan budaya baru yang bernafaskan islam. Semua orang sudah mengetahuinya bahwasanya sebelum kedatangan agama serta kebudayaan islam, budaya Indonesia masih bercorak Budha dan Hindu.

Selain itu, seiring dengan masuknya budaya Islam ke Indonesia, proses perpindahan budaya Budha dan Hindu dengan kebudayaan islam pun menjadi tidak bisa dihindarkan.

Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia

peninggalan sejarah islam di Indonesia
kontemporer2013.blogspot.com

Perlu Anda ketahui, bahwasanya proses perpindahan kebudayaan itu, tidak terjadi benturan atau ketegangan, walaupun ada 3 unsur agama serta kebudayaan yang berbeda di nusantara. Hal tersebut diakibatkan karena beberapa tokoh-tokoh islam di saat itu tidak bersikap memusuhi, malah justru bersifat merangkul.

Adapun dalam proses perpindahan itu, peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa Anda lihat saat ini sebagai bukti nyata hingga kini. Berikut ini beberapa peninggalan sejarah islam di Indonesia yaitu sebagai berikut.

1. Masjid

Salah satu dari sekian banyak peninggalan sejarah islam di Indonesia yang pada umumnya sering dijumpai hingga kini yaitu masjid. Seperti yang sudah diketahui bahwa masjid adalah tempat ibadah bagi umat islam, sehingga wajar apabila seni arsitektur islam satu inilah yang paling mudah kita lihat keberadaannya.

2. Kaligrafi

Disamping masjid, peninggalan sejarah islam di Indonesia selanjutnya yang pada umumnya bisa kita jumpai hingga kini yaitu seni kaligrafi. Bagi Anda yang belum mengetahui, kaligrafi yaitu sebuah seni menulis huruf Arab dengan gaya serta susunan yang indah. Tulisan Arabnya sendiri pada umumnya diambil dari potongan surat ataupun ayat-ayat dalam Al-Qur’an.

3. Istana atau Keraton

Istana atau keraton adalah suatu tempat tinggal bagi raja beserta keluarganya, sebetulnya sudah ada sejak zaman pengaruh kebudayaan Budha dan Hindu. Namun, sesudah islam masuk, arsitektur keraton menjadi lebih banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur timur tengah.

Contoh beberapa keraton yang menjadi peninggalan sejarah islam di Indonesia yang hingga ini masih terjaga yaitu sebagai berikut keraton pakualaman, istana raja gowa keraton kasultanan, istana sorusuan, keraton kesultanan aceh, keraton kanoman, keraton kasepuhan, istana kesultanan tidore dan istana kesultanan ternate.

Sekian pembahasan mengenai 3 peninggalan sejarah islam di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar