Peninggalan Kerajaan Kutai Beserta Maksud Tersembunyinya

PENINGGALAN KERAJAAN KUTAI – Beberapa dari peninggalan bersejarah Kerajaan Kutai masih dapat Anda lihat di Kota Tenggarong, tepatnya di Museum Mulawarman. Jika akan berkunjung ke kota ini, cobalah untuk melihat pninggalan bersejarah yang menyimpan bukti kebesaran kerajaan kutai.

Apalagi dengan tiket masuk hanya Rp. 2.000, (tahun 2005) Anda menikmati bukti sejarah dengan melihat barang penginggalan kerajaan kutai. Berikut kami paparkan beberapa peninggalan kerajaan kutai:

Peninggalan Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai
kisahasalusul.blogspot.com

1. Prasasti Yupa

Prasasti Yupa merupakan salah satu dari peninggalan bersejarah kerajaan kutai yang sudah sangat tua. Benda bersejarah ini adalah bukti terkuat adanya sebuah kerajaan hindu yang pernah berdiri di tanah Kalimantan.

2. Ketopong Sultan

Ketopong Sultan merupakan mahkota Sultan dari Kerajaan Kutai yang berbahan dasar emas. Beratnya mencapai 1,98 kg dan hingga saat ini masih tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Ketopong sultan kutai pertamakali ditemukan pada tahun 1890 di wilayah Kutai Kartanegara, tepatnya di Muara Kaman. Sebenarnya di Museum Mulawarman sendiri, hanya ada ketopong tiruan.

3. Kalung Ciwa

Kalung Ciwa merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Kutai yang ada pada masa kekuasaan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Kalung ciwa ditemukan pada tahun 1890 oleh masyarakat di wilayah Danau Lipan, Muara Kaman.

Kalung Ciwa sampai sekarang masih sering dipakai untuk perhiasan oleh keluarga kerajaan. Kalung ini juga dikenakan oleh sultan pada saat perayaan naiknya sultan baru.

4. Kalung Uncal

Kalung Uncal merupakan kalung emas yang beratnya mencapai 170 gram, kalung ini juga dihiasi oleh liontin berelief dari cerita ramayana. Kalung ini telah menjadi atribut kerajaan Kutai, bahkan mulai dipakai oleh Sultan dari Kutai Kartanegara setelah Kutai Martadipura selesai di taklukan.

5. Kura-Kura Emas

Peninggalan sejarah dari kerajaan kutai memang cukup unik, termasuk kura-kura emas yang satu ini. Peninggalan bersejarah ini sekarang berada di Museum Mulawarman.

Ukuran kura-kura emas ini setengah kepalan tangan orang dewasa. Berdasarkan keterangan yang tertera, benda bersejarah ini berhasil ditemukan di wilayah Long Lalang, wilayah ini yang terletak di sekitar hulu sungai Mahakam.

6. Pedang Sultan Kutai

Pedang Sultan Kutai berbahan dasar emas padat. Bagian gagang pedang ini terdapat ukiran harimau yang telah siap menerkam mangsanya. Sementara bagian ujung sarung pedang ini dihiasi ukiran seekor buaya. Pedang bersejarah Sultan Kutai bisa Anda temukan di Museum, Jakarta.

Tinggalkan komentar