Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Secara Lengkap

PENINGGALAN KERAJAAN MATARAM KUNO – Peninggalan kerajaan ini adalah salah satu sebuah kerajaan budha dan hindu yang berdiri pada abad ke 8 Masehi dan yang terdapat di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Setelah itu karena adanya runtuh di abad ke 11 Masehi kini sudah meninggalkan banyak sekali terhadap pada bangunan sejarah yang masih dapat kita temui sampai sekarang ini.

Lalu apa saja ya peninggalan dari kerajaan tersebut pada mataram kuno? Salah satu untuk diketahui, Anda bisa untuk disimak di bawah ini tentang ulasan kami berikut.

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno
satujam.com

Salah satu dari peninggalan tersebut kerajaan ini pada umumnya, Kerajaan Mataram Kuno sudah meninggalkan dari beberapa candi atau prasasti yang sudah banyak orang temukan dan tersebar di sekitar Jawa Tengah.

Salah satu candi yang sudah kita kenal semuanya misalnya seperti Candi Borobudur. Nah, ada beberapa pembahasan sekilas dari candi yang untuk kita pelajari secara bersama.

Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno
berpedidikan.com

Candi Sewu

Candi Sewu terdapat pada bagian kawasan di sekitar candi Prambanan, yang terdapat di Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu merupakan salah satu dari candi Budha yang cukup besar kedua sesudah candi Borobudur.

Candi Arjuna 

Candi arjuna ini terdapat pada bagian di kompleks Percandian Arjuna, tepatnya dibagian di Dataran Tinggi Dieng, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi Hindu adalah salah satu yang cukup mirip dengan candi yang lainnya di kompleks Gedong Sanga.

Candi Bima

Candi Bima merupakan yang terletak disekitar Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini merupakan yang dikatakan dan mempunyai banyak keunikan tersendiri, contohnya seperti yang hal arsitekturnya yang mirip dengan candi lainnya yang ada di India.

Candi Borobudur 

Candi Borobudur salah satu dari peninggalannya di Kerajaan Mataram Lama yang satu ini sudah sangat terkenal ke seluruh dunia sebagai candi Budha yang cukup besar yang pernah ada.

Candi Borobudur ini terletak di bagian kota Magelang, Jawa Tengah dan diperkirakan berasal dari ke 8 Masehi.

Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan terkait peninggalan kerajaan mataram kuno, semoga apa yang bisa kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semuanya.

Tinggalkan komentar