5 Penjara Terkejam dan Terburuk di Dunia

Penjara indentik dengan tempat untuk membuat jera pelaku kejahatan. Jika di Indonesia, penjara digunakan untuk pelaku kejahatan agar bisa bertobat dan tidak melakukan kejahatan lagi setelah keluar dari penjara.

Bahkan di beberapa penjara terdapat pelatihan dengan tujuan agar keluar dari penjara memiliki keahlian. Dari keahlian tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari atau membuka lapangan pekerjaan.

Sehingga tidak melakukan kejahatan lagi. Namun, di beberapa negara di dunia justru penjaranya digunakan untuk tempat penyiksaan dan sebagainya. Sehingga disebut penjara terkejam di dunia. Kira-kira dimana saja penjara terkejam di dunia tersebut? Berikut daftarnya.

Penjara Carandiru

www.bantenpos.co

Penjara yang memiliki julukan penjara terkejam di dunia peringkat pertama adalah penjara yang terletak di Sao Paulo, Brazil. Penjara ini sangat tidak layak untuk manusia.

Mulai dari penyiksaan yang dilakukan oleh aparat sampai dengan masalah kesehatan para narapidana. Tak sedikit pula yang mereggang nyawa di penjara ini karena penyiksaan.

Bahkan, pernah juga terjadi serangan terhadap penjara Carandiru yang dilakukan oleh aparat. Setidaknya terdapat 110 lebih tahanan yang meninggal akibat serangan tersebut.

Hal ini disebut-sebut sebagai pelanggaran HAM terbesar dalam sejarah Brazil. Untuk masah kesehatan, satu dari lima narapidana terjangkit HIV. Sangat mengerikan, bukan?

Penjara Tadmor

cumantujuh.blogspot.com

Penjara yang disebut-sebut paling kejam penindasannya adalah penjara Tadmor, Suriah. Bahkan, Presiden Hafez Al-Assad saat berkunjung pun diserang dengan membabi buta.

Maka dari itu, tahun 2001, penjara ini ditutup dengan alasan agar tidak ada lagi kekerasan yang terjadi di penjara. Namun, pada tahun 2011 penjara Radmor dibuka kembali.

Ternyata, tidak ada bedanya dengan kondisi sebelum ditutup. Masih banyak kekerasan di penjara Tadmor setelah dibuka kembali.

Penjara Diyarbakir

spankthedonut.blogspot.com

Penjara berikutnya yang disebut-sebut terkejam di dunia adalah penjara Diyarbakir. Penjara ini terletak di Diyarbakir, sebelah tenggara Turki. Awal pembangunan penjara ini dilakukan pada tahun 1980.

Pada awal dan pertengahan 80-an, terjadi pembantaian besar-besaran di penjara ini. Setidaknya sekitar 34 narapidana tewas. Pada tahun 2009, penjara ini rencananya akan ditutup dan diubah menjadi sekolah.

Namun, aktivis Kurdi menentang keras dan menginginkan penjara ini dijadikan museum pelanggaran HAM. Hingga saat ini, penjara Diyarbakir masih difungsikan sebagai penjara.

Penjara La Santé

www.dailymail.co.uk

Tahukah kamu negara yang memiliki negara paling romantis? Ya, negara tersebut adalah Prancis. Negara dikenal dengan negara paling romantis di dunia. Bahasanya juga dikatakan bahasa yang paling romantis di dunia.

Namun, siapa sangka bahwa negara ini memiliki penjara yang super duper kejam. Penjara tersebut bernama penjara La Santé. Penjara La Santé ini terletak di Paris, Perancis.

Tidak hanya kekerasannya saja yang terkenal di penjara ini, perbedaan etnis pun sangat nyata di penjara ini.

Bayangkan saja, ada pemisahan antara etnis, seperti blok A untuk golongan Eropa Barat, blok B untuk golongan Black Africa, blok C untuk golongan Afrika Utara, dan blok D untuk tahanan lainnya.

Penjara Gitarama

www.eyeopening.info

Penjara yang terakhir yang mendapatkan gelar penjara terkejam di dunia adalah penjara Gitarama. Penjara ini terletak di Kigali, Rwanda. Mengapa penjara ini termasuk salah satu penjara terkejam di dunia?

Penjara ini memang tidak ada siksaan seperti penjara lainnya. Namun, kondisi penjara yang menyebabkan penjara ini mendapat julukan penjara terkejam di dunia.

Bayangkan saja bahwa penjara yang seharusnya hanya cukup menampung 500 orang saja diisi dengan sekitar 7.000 orang. Saking padatnya, orang untuk duduk saja tidak bisa.

Tak hanya itu saja, hanya untuk bisa makan harus menempuh jarak yang cukup jauh. Tercatat setiap hari terdapat 5-10 narapidana yang meninggal.

Tinggalkan komentar