8 Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Berdasarkan data dari WHO, pada tahun 2008 sebanyak 7,25 juta jiwa meninggal dunia akibat penyakit jantung. Jika dipersentasikan maka sebanyak 12,8% dari total orang yang meninggal dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Hal ini membuat para peneliti terus berupaya untuk mengenali ciri-ciri penyakit jantung sedini mungkin, agar dapat dilakukan pencegahan.

Sebenarnya pencegahan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang membuat jantung sehat. Seseorang yang terkena penyakit jantung, biasanya akan mengalami gejala-gejala tertentu yang khas. Namun gejala awal yang dirasakan oleh orang yang terkena penyakit jantung berbeda-beda. Beberapa ciri dari gejala penyakit jantung yang biasa terjadi adalah sebagai berikut.

 

Sakit di Bagian Kepala

rri.co.id
rri.co.id

Ketika terkena sinar matahari dan kepala terasa sakit, ini dapat menjadi salah satu ciri ada masalah dengan jantungnya. Pengaruh ini dapat mempengaruhi denyut jantung menjadi lebih cepat atau lebih lambat.

Wanita yang terkena migran harus lebih waspada. Karena sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Eurology menemukan fakta bahwa terjadinya penyimpangan sirkulasi darah menyebabkan sakit kepala atau migran. Untuk itu, jika kamu merasa sakit kepala segeralah untuk dilakukan diagnosa agar semuanya bisa segera teratasi.

Nyeri Dada

trend-kesehatan.blogspot.com

Nyeri pada bagian dada bisa menjadi ciri terkena penyakit jantung. Namun hal ini tidak mutlak, karena bisa saja karena penyakit yang lain. Untuk memastikannya, kamu dapat memeriksakannya ke dokter untuk diambil langkah-langkah selanjutnya. Nyeri pada bagian dada seseorang yang terkena serangan jantung adalah akibat penyumbatan arteri sehingga darah tidak bisa mengalir menuju seluruh tubuh.

Sakit pada Bagian Tubuh

tipssersan.blogspot.com
tipssersan.blogspot.com

Gejala penyakit jantung lainnya yaitu terasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Misal pada wanita akan terasa sakit di tangan bagian kiri atau kanan, sedangkan laki-laki akan merasa sakit pada tangan bagian kiri. Selain tangan bagian tubuh lainnya yang terasa sakit yaitu punggung, bahu, siku dan leher. Sakit tersebut datang secara tiba-tiba dan kemudian pergi tanpa diapa-apakan.

Mudah Lelah

www.radiopostki.com
www.radiopostki.com

Ciri orang yang terkena penyakit jantung yaitu merasa mudah lelah. Ini sama seperti ketika terkena penyakit anemia. Walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat, orang yang terkena penyakit jantung akan merasakan kelelahan. Jika kamu merasakan hal seperti ini, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat ditangani secara tepat.

Sesak Napas

www.jendelasarjana.com
www.jendelasarjana.com

Sesak napas bisa terjadi karena beberapa sebab. Dan salah satunya yaitu terkena penyakit jantung. Sesak napas terjadi akibat pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang sedang mendistribusikan darah ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan denyut jantung tidak teratur, otot jantung menjadi tebal dan katup jantung mengalami kelainan.

Merasa Mual

ummi-online.com
ummi-online.com

Orang yang terkena penyakit jantung akan merasa mual dan menurun nafsu makannya. Awalnya perut seperti membengkak kemudian akan terasa mual. Kebanyakan orang akan mengira bahwa ini karena maag, namun bisa juga ini ciri terkena penyakit jantung. Untuk memastikannya, kamu dapat memeriksanya ke dokter atau rumah sakit. Sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Rasa Cemas

keepo.me
keepo.me

Orang yang terkena penyakit jantung biasanya timbul trauma. Trauma inilah yang membuatnya merasa tegang, takut dan cemas. Padahal rasa cemas inilah yang membuatnya mudah mengalami serangan jantung. Untuk itu, bagi orang yang terkena penyakit jantung, untuk tetap tenang, hindari pikiran-pikiran negatif yang dapat menimbulkan rasa cemas.

Keluar Keringat

breaktime.co.id
breaktime.co.id

Gejala paling umum bagi orang yang terkena penyakit jantung yaitu mudah keluar keringat. Biasanya telapak tangan orang yang terkena penyakit jantung akan selalu basah oleh keringat. Jika kamu mengalami hal ini, segeralah periksa ke dokter atau rumah sakit agar segera dilakukan tindakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar