Mari Kenali Penyebab dan Tanda-Tanda Penyakit Liver yang Perlu Kamu Waspadai

Mengenali penyebab dan tanda-tanda penyakit liver adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi resiko yang lebih besar terhadap penyakit ini. Seperti yang kita ketahui, hati adalah organ dalam tubuh yang letaknya di bawah tulang rusuk bagian kanan perut kita.

Adapun fungsi dari hati adalah untuk membantu mencerna makanan serta membersihkan racun dalam tubuh. Sehingga saat hati mengalami permasalahan, hal itu berarti sistem pencernaan serta pembasmian racun berbahaya dalam tubuh menjadi tidak optimal.

Penyakit liver bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor keturunan (genetika), obesitas, karena penggunaan alkohol yang berlebihan, atau juga karena adanya virus yang merusak hati.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan mengenai penyebab terjadinya penyakit liver serta tanda-tanda orang yang terkena penyakit liver. Yuk, simak dengan seksama.

 

Penyakit Liver Karena Virus

kesehatanaz.com

Virus bisa menyerang dan menginfeksi hati. Kejadian ini bisa mengakibatkan peradangan pada hati sehingga fungsi hati tidak bisa berjalan seperti biasanya. Adapun fungsi hati sendiri adalah membantu proses mencerna makanan dan membersihkan racun. Virus hati sendiri bisa dikategorikan menjadi hepatitis A, B, dan C.

Biasanya virus hepatitis A penyebab terjadinya hepatitis akut yang tidak dapat kamu kenali sampai 2-6 minggu.Inilah yang membuat virus ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan virus hepatitis B dan C yang biasanya terjadi pada penyakit hepatitis kronis.

Selain itu, virus hepatitis ini biasanya menyebar melalui makanan yang terkontaminasi, darah, dan air mani. Karena kamu bisa tertular melalu kontak langsung dengan si penderita, maka sebaiknya hindari kontak langsung dengannya supaya virus tidak menyebar ke dalam tubuh kamu.

Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com
tokoherbalacemaxs.com

Kamu juga dapat terkena penyakit liver karena disebabkan adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyakt yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada bagian tertentu bisa menyebabkan penyakit liver. Beberapa contoh penyakit yang bisa mengakibatkan penyakit liver adalah hepatitis autoimun, primary biliary cirrhosis, dan primary sclerosing cholangitis.

Faktor Keturunan atau Genetika

lidovky.cz

Karena sifat penyakit hati yang dapat menular dalam aliran darah, maka penyakit liver bisa disebabkan faktor keturunan atau genetika. Gen abnormal yang didapat dari salah satu orang tua kita atau garis keturunan yang mempunyai penyakit hati beresiko menularkannya serta mengakibatkan kerusakan pada hati. Beberapa contoh penyakit hati yang disebabkan faktor keturunan adalah hemochromatosis, hyperoxaluria dan oxalosis, dan penyakit wilson.

Penyakit Liver Karena Kanker

Gejala kanker
espanol.rfi.fr

Kanker juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Hal ini dikarenakan ganasnya kanker tersebut sehingga membuat fungsi hati akan berkurang begitu cepat dan tidak dapat melakukan tugasnya sebagaimana seharusnya. Beberapa contoh penyakit liver karena kanker adalah hati adenoma, kanker hati, dan kanker saluran empedu.

Fakor Lain

memangbaik.blogspot.com
memangbaik.blogspot.com

Adapun Faktor lain yang menyebabkan terjadinya penyakit liver adalah kerusakan pada hati yang tidak disebabkan karena aktor genetika atau virus, tetapi lebih karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah gumpalan lemak yang memenuhi hati dan penyalahgunaan alkohol kronis.

Tanda-Tanda Penyakit Liver

ifolitan.com
ifolitan.com

Setelah kamu mengetahui apa saja yang meyebabkan penyakit liver, kini saatnya kamu mengetahui tanda-tanda atau gejala penyakit liver. Gejala ini dapat berbeda-beda, tetapi secara umum tanda-tanda penyakit liver ini dapat membantu kamu mengurangi resiko yang jauh lebih besar dan berbahaya. Adapun tanda-tandanya adalah sebagai berikut.

  • Kulit dan mata yang muncul kekuningan (jaundice).
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
  • Nyeri perut dan pembengkakan.
  • Warna tinja pucat, atau disertai dengan darah.
  • Warna urin gelap.
  • Kulit gatal.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Kecenderungan untuk mudah memar.
  • Kelelahan kronis.
  • Mual atau muntah.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyebab dan tanda-tanda penyakit liver. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar