Waspadai Gejala Penyakit Tipes yang Mungkin Saja Dapat Menyerangmu

Tipes, nama penyakit yang mungkin sudah sering kamu dengar, atau bahkan kamu pernah mengalaminya. Penyakit yang tidak pandang bulu, menyerang anak-anak sampai orang dewasa. Jadi kamu perlu waspada sama penyakit yang satu ini.

Tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella tyhpi. Penyakit ini tidak termasuk ke dalam penyakit yang menular. Tapi, infeksi dari bakteri yang berasal dari penderita bisa juga menyebabkan penyakit yang sama.

fineartamerica.com
fineartamerica.com

Penyakit tipes memang bukanlah penyakit yang menular. Namun, sebenarnya penyakit ini bisa menyebar dengan cepat jika lingkungan mendukung untuk perkembangan bakteri Salmonella thypi.

Bakteri Salmonella thypi menyerang sistem pencernaan, masuk ke dalam usus dan darah serta akan bertahan di dalam tubuh. Kondisi tersebut terjadi kalau penderita tidak segera ditangani dengan benar.

infokesehatantubuh.com
infokesehatantubuh.com

Penyakit tipes dapat terjadi karena pemakaian peralatan makan yang digunakan bersama di lingkungan yang kondisinya tidak bersih. Selain itu, faktor lain adalah air di lingkungan yang sudah tercemar bakteri Salmonella thypi juga akan menyebabkan proses penyebaran menjadi lebih cepat.

Nah, biasanya, penyakit tipes terjadi pastilah ada gejala yang muncul. Berikut ini gejala tipes yang terjadi selama proses masuknya bakteri ke dalam tubuh.

 

Infeksi Bakteri Minggu Pertama

tportal.hr

Biasanya, orang yang terkena tipes gejala awalnya sama seperti penyakit biasa atau terlihat kelelahan. Kondisi penderita tipes ini ditandai dengan tubuh yang terasa semakin lemas. Nah, setelah bakteri menginfeksi penderita selama satu minggu, muncullah gejala-gejala berikut.

  • Sakit kepala dari sekitar mata sampai bagian belakang.
  • Demam yang terus meningkat pada malam hari, bahkan bisa menyebabkan demam sampai lebih dari 40 derajat celsius.
  • Menurunnya nafsu makan sehingga tubuh semakin lemah.
  • Batuk kering yang tidak bisa disembuhkan dengan obat batuk.
  • Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.
  • Muncul bercak merah pada kulit.

Infeksi Bakteri Minggu Kedua

Menambah Nafsu Makan
wisegeek.com

Dengan waktu yang berjalan, penyakit tipes bisa semakin parah. Pada infeksi minggu kedua dan penderita tipes tidak mendapatkan perawatan yang memadai maka penyakitnya akan tambah parah. Bahkan, orang yang terkena tipes tidak bisa melakukan aktifitas. Gejala tipes jika sudah mencapai infeksi pada minggu kedua seperti berikut.

  • Demam naik dan turun, biasanya terjadi saat siang, sore, dan malam hari.
  • Gangguan pencernaan yang parah seperti diare dan sembelit.
  • Menurunnya nafsu makan sehingga tubuh jadi terlihat lebih kurus.
  • Perut bengkak dan jika ditekan terasa lebih keras.

Infeksi Bakteri Minggu Ketiga

bellebeirut.com
bellebeirut.com

Jika sudah sampai minggu ketiga dan belum ada penanganan dari pihak medis juga, maka tipes akan bertambah parah. Biasanya, penderita tipes sudah tidak bisa melakukan aktifitas sama sekali.

Tubuh orang yang terkena tipes sampai minggu ketiga akan sulit digunakan untuk berjalan, bahkan bangun dari tempat tidur pun susah. Selain itu, demamnya juga tinggi, dan terjadi sepanjang hari.

Pada kondisi seperti ini, biasanya juga terjadi beberapa gejala lain karena penyebaran bakteri dari usus ke bagian tubuh lainnya.

Infeksi Bakteri Minggu Keempat

caratono.blogspot.com
caratono.blogspot.com

Jika bakteri sudah menyerang tubuh sampai minggu keempat, biasanya penderita akan merasa lebih baik. Pada kondisi ini, penderita tipes merasa lebih segar, tidak demam, dan terlihat bugar.

Tapi, fase yang terakhir ini justru berbahaya dan sangat fatal akibatnya. Pada minggu keenam, kondisi tubuh akan kembali mengalami gejala yang sama seperti pada saat terserang tipes minggu pertama. Dan tentu saja, komplikasi penyakitnya juga akan semakin bertambah parah.

Tinggalkan komentar