6 Faktor Ini yang Menyebabkan Kamu Amandel

Tonsilitis atau yang lebih dikenal dengan peradangan amandel adalah penyakit yang sering diderita oleh anak – anak, namun juga banyak juga orang dewasa yang menderita penyakit tersebut.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus dan bakteri yang berkembang di dalam rongga mulut. Pada dasarnya amandel telah memiliki sistem kekebalan khusus untuk melindungi organ mulut dari bahaya infeksi bakteri dan virus, namun jika infeksi telah terjadi dan di abaikan maka akan menimbulkan seseorang kesulitan menelan makanan atau bahkan minuman.

Jika infeksi sudah semakin parah maka penderita akan mengalami kesulitan bernafas. Pembekakan amandel yang terjadi karena peradangan tentunya akan menghambat saluran udara sehingga asupan oksigen akan berkurang. Penyumbatan yang terjadi juga mengganggu rongga mulut membuat penderita kesulitan dalam menelan makanan dengan baik.

Jarang Mengonsumsi Air Putih

faktor penyebab amandel
jimecreative.com

Kurangnya asupan air putih dapat mengurangi optimalisasi tubuh yang mempermudah masuknya bakteri dan virus yang dapat memicu pembesaran amandel

Makanan berminyak

faktor penyebab amandel
monamata.com

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang banyak mengandung minyak dapat membuat tenggorokan tidak nyaman dan menimbulkan luka yang menjadi penyebabkan awal terjadinya pembengkakan

Kebersihan alat makan

faktor penyebab amandel
food-marketing.co.uk

Selain mengonsumsi makanan yang baik, menjaga alat makan agar tetap bersih adalah salah satu kunci agar kamu terhindar dari bakteri dan virus yang dapat memperbesar amandel

Konsumsi makanan instan berlebih

faktor penyebab amandel
www.thestar.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan yang ada dalam makanan instan tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, maka sebelum kamu merasakan sakitnya pembengkakan amandel hendaknya aturlah pola makan dengan makanan yang baik untuk tubuhmu

Konsumsi makanan pedas secara berlebih

faktor penyebab amandel
lifehack.org

Bagi kamu penderita amandel tentunya sudah sangat paham apabila mengonsumsi makanan pedas terlalu sering dapat meningkatkan peluang terjadinya pembengkakan.

Asupan vitamin C yang kurang

faktor penyebab amandel
www.huffingtonpost.ca

Kekurangan vitamin C tentunya akan mengurangi kekebalan tubuh, hal inilah yang menyebabkan mudahnya bakteri dan virus dalam tubuh.

Ada banyak sekali kemungkinan kamu terkena penyakit amandel, karena itu baiknya lakukan pencegahan sederhana dengan mencoba mengolah makanan sendiri dirumah, dengan begitu kamu akan mengerti nutrisi makanan yang kamu konsumsi.

Tinggalkan komentar