12 Penyebab Kanker Usus yang Perlu Kamu Waspadai

Kanker usus bisa menimpa siapa saja, bisa pria maupun wanita. Kanker ini terjadi karena timbulnya sel kanker pada bagian usus. Akibatnya fungsi usus pun menjadi terganggu. Kebanyakan kasus kanker usus besar bermula dari sel non-kanker bernama poli adenomatosa. Biila dibiarkan, lambat laun, sel tersebut akan membesar dan akhirnya menyebabkan terjadinya kanker usus besar.

Untuk itu, sedari dini kamu perlu tahu gejala kanker usus ini. Gejala yang sering muncul seperti mengalami masalah susah buang air besar, feses menjadi keras, feses berdarah dan berlendir, perut mudah kembung, terjadi diare dan ada darah yang keluar dari bagian anus.

Nah, kalau gejala-gejala itu mulai muncul, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri supaya bisa cepat dilakukan penanganan. Sebaliknya, kalau kamu merasa saat ini baik-baik saja, tetap perlu waspada biar penyakit kanker usus ini tidak mendekatimu. Yuk simak apa saja penyebab terjadinya kanker usus ini.

 

Alkohol

memangbaik.blogspot.com
memangbaik.blogspot.com

Menurut penelitian, alkohol mampu meningkatkan resiko kanker usus. Oleh karenanya, mulai sekarang menjauhlah dari minuman yang mengandung alkohol.

Usia

Menikah dengan Persetujuan Orang tua
www.salstoneldercare.com

Seringnya penderita kanker usus ini berusia 50 tahun ke atas. Kalau faktor resiko yang ini pastilah tak bisa kamu hindari. Tapi kamu bisa berupaya dengan selalu menjaga hidup sehat supaya tak meningkatkan resiko terjangkit kanker usus. Rutin berolahraga, makan makanan sehat dan hidup teratur adalah kuncinya.

Meski kebanyakan terjadi pada orang berusia lanjut, tapi kanker usus bisa juga dialami orang muda. Sekalipun frekuensinya masih terhitung jarang.

Alami Diabetes

Diabetes
news.zing.vn

Penderita diabetes sangat rentan untuk terserang kanker usus. Begitu menurut penelitian yang dimuat oleh jurnal Gastroenterology. Menurut studi tersebut, orang yang memiliki penyakit diabetes peluang untuk terkena kanker usus menjadi 40 persen lebih besar.

Lingkungan

visenda.co
visenda.co

Lingkungan dapat berperan dalam menyebabkan terjadinya sakit kanker usus. Jadi mulai sekarang upayakan untuk selalu menjaga lingkungan kita tetap sehat.

Faktor Genetik

healthhub.brighamandwomens.org
healthhub.brighamandwomens.org

Bisa jadi kanker usus diderita seseorang karena faktor genetik. Jadi misalkan orangtuamu atau ada salah seorang anggota keluarga yang terkena kanker usus, resiko hal yang sama terjadi padamu menjadi lebih besar.

Alami Radang Usus

herbaneka.com
herbaneka.com

Jika sebelumnya kamu mengalami radang usus, maka potensi untuk meningkat menjadi kanker usus lebih tinggi. Oleh karenanya, sebisa mungkin obati radang itu sampai sembuh dan upayakan agar tidak sampai kambuh lagi.

Jarang Olahraga

blog.reship.com
blog.reship.com

Jarang melakukan olahraga bisa berkontribusi terhadap terjadinya kanker usus. Nah, karena itulah mulai sekarang mulailah rajin untuk berolahraga agar tubuh tidak gampang terkena penyakit dan kondisi fisik pun lebih prima.

Diet Rendah Serat tapi Tinggi Lemak

pixabay.com
pixabay.com

Berhati-hatilah saat diet, terutama jika yang kamu lakukan adalah diet dengan mengkonsumsi makanan rendah serat tapi tinggi lemak. Sebab potensi untuk menyebabkan terjadinya kanker usus menjadi lebih tinggi.

Kelebihan Berat Badan

thinkprogress.org
thinkprogress.org

Jika berat badanmu berlebihan, resikonya juga lebih tinggi terkena kanker usus. Faktor resiko ini berlaku untuk pria maupun wanita. Jadi upayakan untuk selalu menjaga berat badanmu dalam kondisi normal.

Merokok

kabarpop.co
kabarpop.co

Orang yang merokok juga punya resiko terkena kanker usus lebih tinggi. Karena itu, mulai sekarang stop dan berhentilah merokok! Bukan hanya beresiko tinggi terkena kanker usus, tapi merokok juga dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Terapi Radiasi Kanker

ibtimes.com
ibtimes.com

Jika sebelumnya kamu pernah dilakukan terapi untuk mengatasi kanker, radiasi yang mungkin ditimbulkan berpotensi untuk menyebabkan terjadinya kanker usus.

Gaya Hidup Tidak Sehat

dieste.com
dieste.com

Kalau selama ini gaya hidupmu tidak sehat, sebaiknya segera ubah. Sebab menurut penelitian, ada kaitan antara gaya hidup yang tidak sehat dengan timbulnya kanker usus.

Tinggalkan komentar