5 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan

Sudah kewajiban bagi ibu hamil untuk menjaga kandungannya agar terhindar dari hal yang dapat mengganggu  kehamilan. Apa lagi bagi kamu yang masih hamil muda. Perlu kamu ketahui juga hal yang dapat menjadi penyebab keguguran agar kamu dapat mewaspadainya.

Secara medis memang keguguran di sebut dengan istilah Abortus yang merupakan hilangnya kehamilan tanpa ada tanda tanda yang usianya belum menginjak 20 Minggu. Tanda keguguran ialah pendarahan dari jalan lahir yang juga di ikuti dengan kram dan nyeri pada perut bagian bawah.

Namun perlu diketahui bahwa perdarahan ringan relative umum selama Trimester pertama kehamilan dan tidak berarti kamu sedang mengalami keguguran. Untuk penanganan lebih lanjut sangat perlu di cek dan konfirmasi dokter.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari keguguran :

Ada banyak sekali penyebab keguguran meskipun hal yang lain masih belum terdeteksi  dan belum teridentifikasi. Namun sebagai pedoman, jika keguguran terjadi selama Trimester pertama kehamilan, biasanya penyebabnya adalah pada janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Penyebab Keguguran Trimester Pertama :

Masalah Kormosom

isagrafika.com
isagrafika.com

Sebagian besar keguguran terjadi pada trimester pertama disebabkan masalah kromosom janin. Masalah Ini diperkirakan terjadi dua pertiga dari keguguran trimester pertama.

Masalah Plasenta

nisrina.co.id
nisrina.co.id

Plasenta merupakan organ yang menghubungkan suplai darah ibu ke dalam janin. Karena itu, masalah yang terjadi pada perkembangan plasenta bisa menjadi penyebab keguguran.

Selain itu, penyebab ini juga meningkatkan beberapa hal resiko keguguran lainnya seperti faktor usia ibu, kegemukan, penyalahgunaan obat selama proses kehamilan dan kebiasaan -kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

 Penyebab keguguran Trimester kedua :

Penyakit Kronis

tokoalkes.com
tokoalkes.com

Beberapa kondisi medis atau penyakit dengan waktu jangka panjang dapat meningkatkan resiko keguguran pada trimester kedua seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, Lupus, penyakit ginjal, hipo dan hyper tiroid dan penyakit celiac.

Infeksi

www.bsaconcordia.com
www.bsaconcordia.com

Macam macam infeksi juga dapat menjadi penyebab keguguran seperti Campak, Toksoplasmosis, Sitomegalovirus, Bakteri Vaginosis dan HIV.

Obat obatan

medicineforsure.com
medicineforsure.com

Obat yang dapat meningkatkan keguguran meliputi Misoprostol, Obat Eskrim dan Jerawat, metotreksat, Obat anti nyeri dan juga peradangan.

Demikian lah sedikit pengetahuan penyebab keguguran dan juga mengenali apa saja yang menyebabkan keguguran bagi kamu ibu hamil. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar