in

Penyebab Pengangguran dan Cara Mengatasinya

penyebab pengangguran
Youthmanual.com

PENYEBAB PENGANGGURAN – Sering kita mendengar istilah pengangguran baik di kalangan pribadi maupun masyarakat umum, akan tetapi tau nggak sih apa arti dari pengangguran yang sebenarnya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita baca sampai selesai. Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari seminggu, atau orang yang berusaha mendapatkan suatu pekerjaan yang layak.

Penyebab Pengangguran

penyebab pengangguran
Youthmanual.com

Pengangguran merupakan masalah ekonomi yang sangat mempengaruhi manusia secara langsung. Menurut teori, pengangguran bisa terjadi melalui beberapa faktor antara lain yaitu:

Perubahan Struktural

Seandainya di dalam suatu daerah atau bahkan negara terjadi pergeseran struktur ekonomi dari sektor pertanian menuju ke industri. Maka dampak yang dihasilkan adalah dibutuhkannya kualifikasi tenaga kerja yang cocok pada sektor industri.

Ketika persyaratan-persyaratan yang ada itu tidak terpenuhi, maka secara otomatis tenaga kerja yang sudah ada tidak lagi terpakai, kecuali jika terjadi penyesuaian kualifikasi seperti yang dibutuhkan.

Perubahan Musim

Contoh ketika datang musim liburan atau tahun baru, pada sektor transportasi dan pariwisata menjadi sangat sibuk (orderan penuh) dari pada hari-hari biasa. Demikian juga ketika menjelang, sedang, dan setelah bulan Suci Ramadhan terlihat permintaan naik baik itu barang maupun jasa.

Adanya Hambatan Antara Pencari Kerja dan yang Mempunyai Lowongan

Faktor ini biasa terjadi karena kurangnya informasi mengenai pekerjaan itu sendiri. Sehingga orang tersebut akan kehilangan kesempatan dalam memenuhi lowongan kerja yang ada.

Bisa juga karena situasi kondisi yang ditempati tidak cocok dengan apa yang diinginkan oleh si pencari kerja. Dan memilih tidak bekerja disebabkan karena lingkungannya yang tidak kondusif.

Rendahnya Aliran Investasi

Investasi adalah suatu komponen aggregate demand yang memiliki kekuatan terhadap perluasan kesempatan kerja. Dengan mekanisme efek multiplier, perubahan investasi akan menimbulkan efek pada kenaikan pendapatan.

Minimnya Tingkat Keahlian

Keahlian ini sangat erat berkaitan dengan produktifitas. Orang yang mempunyai keahlian ia akan mendapatkan produktifitas yang tinggi, karena orang tersebut mampu memanfaatkan dirinya untuk kegiatan ekonomi produktif.

Diskriminasi

Tidak hanya terjadi pada ras dan kulit, diskriminasi juga bisa terjadi pada sektor ekonomi, Agama, pendidikan, adat/hukum dan lain-lain.

Laju Pertumbuhan Penduduk

Faktor ini berkaitan dengan hal-hal yang diinginkan mengenai persoalan dalam masyarakat antara lain: Rendahnya anggaran pendidikan, kesehatan, pembentukkan modal dan lain sebagainya.

Pencarian Kerja yang Sesuai

Faktor yang satu ini merupakan faktor paling dominan di antara yang lain, terutama terjadi pada remaja yang baru merasakan dunia kerja. Biasanya mereka akan berpindah-pindah tempat untuk mendapatkan tempat kerja yang cocok dan pas yang ujung-ujungnya menganggur.

Kekakuan Upah Riil

Ini juga termasuk yang menjadikan seseorang menjadi pengangguran, biasanya terjadi karena upah tak sesuai dengan pekerjaannya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Sosialisasi

Apa Pengertian Sosialisasi? Temukan Jawabannya Disini

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial dalam Kehidupan Bersosial