Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya hanya untuk merawat rambutnya agar tampak sehat dan indah. Bukan hanya wanita saja, bahkan pria zaman sekarang juga sangat memerhatikan kesehatan dan model rambutnya.

Model rambut saat ini sangat banyak dan bermacam-macam, kebanyakan tidak menyadari kalau kebiasaan yang dilakukan pada rambutnya dapat menyebabkan kerontokan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mending langsung kita lihat saja penyebab kerontokan rambut dan cara mengatasinya.

 

Meninggalkan Sarapan

video.pbs.org
video.pbs.org

Rambut tersusun dari keratin, yaitu zat yang memberikan kekuatan pada rambut. Menurut seorang konsultan trichologist bernama Philip Kingsley, terlalu sedikit konsumsi protein seperti ikan, telur, daging merah dan ayam dapat mempengaruhi tingkat keratin. Jadim kalau konsumsi protein kurang, maka rambut kamu akan kehilangan kekuatannya dan berhenti tumbuh.

Nah, salah satu pemenuhan protein adalah saat pagi hari ketika kita sarapan. Sarapan merupakan jadwal makan yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan folikel rambut. Folikel rambut ini berfungsi sebagai kantung kecil yang menjadi tempat akar rambut berada . Jadi, jangan tinggalkan sarapan pagi, selain untuk merawat rambut, juga agar kamu melalui hari dengan semagat.

Jangan Mewarnai Rambut

pinterest.com
pinterest.com

Nah, sekarang banyak sekali orang yang mengikuti tren dengan mewarnai rambutnya, padahal itu tidak baik untuk kesehatan rambut. Ada beberapa fakta mengenai penggunaan pewarna rambut ini, salah satunya adalah bahan yang digunakan untuk mewarnai rambut dapat merusak folikel rambut. Terutama ketika kamu mewarnai rambut menggunakan pewarna berbasis minyak.

Selain itu, sering mewarnai rambut juga akan menyebabkan rambut berhenti tumbuh. Hal ini terjadi terutama ketika kamu menggunakan pewarna rambut secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Jadi, untuk menghindari kerontokan rambut, usahakan jangan mewarnai rambut, apalagi dengan menggunakan pewarna rambut yang berbahan sintetis.

Relaksasi

Sholat berjamaah
m.sumateradeadline.com

Meburut Philip Kingsley, kelebihan hormon pada pria mungkin tidak terdengar buruk. Tetapi jika memiliki kelebihan hormon testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) kamu harus waspada. Kelebihan dua hormon tersebut pada pria dapat memiliki efek yang buruk, terutama pada bagian tertentu dari folikel rambut.

Kedua hormon tersebut akan meresap ke dalam batang rambut dan menyebabkan penipisan. Kemudian akan membuat rambut menjadi tidak sehat dan pertumbuhan rambut terganggu. Hal ini lebih sering terjadi pada pria yang mengalami stres. Tubuh akan menghasilkan hormon yang berlebih dan hal itu dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Jadi, buat kamu para pria yang sering sekali stres, cobalah sesekali refreshing agar pikiran tenang. Atau lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sehingga hati juga menjadi tenang.

Hindari Menggosok Terlalu Keras Saat Keramas

Melembabkan Rambut
brands-list.com

Menggosok kepala terlalu keras, selain dapat membuat kulit kepala luka, juga bisa menarik akar rambut. Hal tersebut bisa merusak folikel rambut kamu. Ketika keramas, sebaiknya gosoklah kulit kepala dengan lembut. Setelah keramas pun jangan pernah memaksakan menyisir rambut dengan keras karena dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik.

Berhenti Merokok

kabarpop.co
kabarpop.co

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Archives of Dermatology. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa selain dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung, merokok ternyata juga dapat membuat rambut rontok.

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh rokok diperkirakan terjadi karena kurangnya supali darah ke folikel rambut. Jadi, merokok akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah perifer dalam tubuh dan juga pada folikel rambut. Hal tersebut yang mengakibatkan rambut menjadi rontok karena kebiasaan merokok. Mulai sekarang berhentilah merokok, selain dapat menyebabkan rambut rontok, banyak penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan karena merokok.

Tingkatkan Asupan Zat besi

Bayam
priusadebka.ru

Zat besi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut kamu. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Jika kamu kekurangan zat besi, maka tingkat feritin dalam tubuh akan menurun. Feritin merupakan molekuk yang menyimpan zat besi di dalam tubuh dan akan melepaskannya secara terkontrol.

Pada umumnya, jika kekurangan zat besi maka siklus pertumbuhan rambut akan terganggu. Nah, untuk mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan kekurangan zat besi, kamu sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, contohnya seperti sayuran berwarna hijau tua, daging merah, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Keturunan

Kehangatan Bersama Ayah
Pixaby.com

Ternyata kerontokan rambut juga bisa disebkan karena faktor keturunan. Jadi, jika salah satu dari kedua orang tua kamu memiliki gen yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, makan ada kemungkinan kamu juga bisa mengalami rambut rontok. Biasanya penyebab yang satu ini bisa diketahui kalau kamu memeriksakan diri kepada dokter ahli kulit.

Tinggalkan komentar