Jika Semua Tahu Betapa Besar Peran Pepohonan di Alam Ini

Di akhir tahun 2015, kita sempat dikagetkan dengan terbakarnya hutan di beberapa daerah di Sumatera dan di Kalimantan. Setelah diusut lebih lanjut, ternyata hutan-hutan itu memang sengaja dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin mereka tidak hanya dikategorikan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab semata, namun juga termasuk ke dalam kategori orang yang biadab.

Kenapa mereka melakukan hal seperti itu? Apakah mereka tidak tahu dampaknya bagi lingkungan? Baik saat proses pembakaran terjadi dan setelah hutan-hutan itu hangus terbakar, berganti menjadi lahan perkebunan? Mungkin saja sebenarnya mereka tahu, tapi karena disilaukan dengan harta yang berlimpah, maka segala macam cara mereka lakukan.

Tidak hanya pada kasus pembakaran hutan untuk dijadikan lahan perkebunan saja, penggundulan hutan untuk alasan pembangunan pun perlu melalui pertimbangan yang matang. Begitu pula penggunaan batang-batang pohon untuk komoditi tertentu, harus dilakukan secara bijak. Hal ini perlu kita lakukan karena pentingnya pohon-pohon untuk keseimbangan alam.

Penyerapan Air

eseller.net

Satu hal penting yang akan sangat kita rasakan saat mengalami banjir, adalah fungsi pohon untuk penyerapan air. Jika kawasan-kawasan hijau diperkotaan di ubah semua menjadi lahan perumahan dan perkantoran, maka jangan heran jika saat turun hujan akan banyak kita temui genangan di mana-mana.

Genangan dan ditambah dengan curah hujan yang tinggi, menyebabkan tanah di sekitarnya sudah tidak dapat menampung air, sehingga air meluap ke rumah-rumah penduduk. Kalau sudah terjadi bencana seperti ini, siapa yang kira-kira menderita? Tentunya saja semua masyarakat di wilayah tersebut bukan?

Bahan Baku Kertas

id.aliexpress.com

Apakah kamu tahu, terbuat dari apa kertas-kertas dan buku-buku yang kita gunakan sekarang? Tentu kamu tahu buatnya dari kayu bukan? Tapi, apakah kamu tahu kayu itu berasal darimana? Tentunya tau dong kalau kayu kita dapatkan dari pohon-pohon di dalam hutan sana.

Jika kita tau asal muasal kertas, lantas apakah kita sekarang tega membiarkan kertas berserakan begitu saja? Bukankah kita sama-sama tahu bahwa untuk menumbuhkan satu batang pohon membutuhkan waktu yang lama? Jika pohonnya terpaksa ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas yang kita pakai, tentunya lama-kelamaan pohon di sekitar kita akan sangat berkurang. Dan ini berdampak pada keseimbangan lingkungan.

Mencegah Erosi

hipwee.com

Lahan-lahan yang mengalami penggundulan, biasanya lebih rentan mengalami erosi. Hal ini terjadi karena akar-akar yang mengikat tanah agar tetap berdiri kokoh dimusnahkan bersamaan dengan ditebangnya banyak pohon-pohon di lahan tersebut.

Dan bahayanya lagi, kalau ini dilakukan di dataran yang lebih tinggi, lalu lahan yang sudah mengalami penggundulan itu dibuat perumahan. Kalau tiba-tiba terjadi hujan besar dan tanah disekitarnya mengalami erosi, maka sekali lagi yang menjadi korban adalah masyarakat. Bagaimana nasib para developer yang membangun? Mereka mungkin sedang menikmati keuntungan dari hasil usahanya, ditempat lain yang lebih aman.

Menyerap Karbondioksida

voaindonesia.com

Metabolisme tubuh manusia menghasilkan karbondioksida, begitupula hewan dan polusi yang dikeluarkan dari pabrik-pabrik. Tapi walaupun demikian, alam ini tetap seimbang. Kita tidak serta merta keracunan karbondioksida kan? Dan yang menyebabkan hal ini, karena ada pohon-pohon di sekitar kita yang menyerap karbondioksida. Bagaimana jika pohon dibumi ini semakin berkurang?

Menghasilkan Oksigen

gamonoton.xyz

Untuk bernapas, kita membutuhkan oksigen, lalu dari mana asalnya oksigen ini? Sementara kita saja setiap harinya menghasilkan karbondioksida dari tubuh kita. Dari pepohonanlah kita mendapatkannya. Oleh karena itu, bijak dalam menebang pohon dan melakukan reboisasi merupakan tanggung jawab kita bersama.

Tinggalkan komentar