Perbedaan antara Kristen Protestan dan Katolik

Mungkin ada sebagian orang yang bingung membedakan antara Kristen dan Katolik. Dalam artikel ini akan mengulas tentang perbedaan antara Kristen dan Katolik secara mendasar. Walaupun terlihat hampir sama, tetapi berbeda.

Kristen merupakan agama yang dibawa oleh Yesus Kristus yang kalau dalam agama Islam adalah nabi Isa a.s. ajaran agam ini terpecah menjadi tiga bagian, yang pertama aliran Kristen Ortodoks seperti Kristen Koptik yang ada di Mesir. Kemudian Kristen Katolik dan Kristen Protestan.

Katolik memiliki arti berupa universal atau umum. Jadi mau dari mana pun, golongan , bahasa, suku bangsa, atau siapapun dan bahkan bisa dari agama manapun dapat menjadi anggota gerja katolik. Jadi agama katolik bukan agama yang dianut oleh kelompok masyarakat tertentu.

duniamenjadisatu.blogspot.com
duniamenjadisatu.blogspot.com

Dalam agama Kristen terdapat mahdzab Kristen Protestan. Mahdzab tersebut muncul setelah terjadi protes yang dilakukan oleh Marthin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalihnya. Inti kata dari Protestan yang diaplikasikan oleh umat Kristen yaitu menolak otoritas Gereja Katolik.

Kristen adalah agama monoteisme yaitu agama dengan satu tuhan walau bedanya tuhan yang diakui oleh umat kristiani memiliki tiga kepribadian yaitu Bapa (Sang Pencipta), Putra (Yesus Kristus, Tuhan yang menjelma menjadi manusia), dan Roh Kudus (Tuhan yang ada di setiap hati manusia).

Jadi perbedaan yang bisa kamu ketahui yaitu Katolik mengakui Paus sedangkan Protestan tidak, orang Katolik membuat salib sedangkan Protestan tidak, kitab suci mereka juga berbeda, dalam menafsirkan kitab suci mereka juga beda-beda, pemuka agama Katolik memiliki Jierarki (tingkatan) sedangkan Protestan tidak. Dan masih banyak perbedaan-perbedaan lainnya.

Tinggalkan komentar